Antre Panjang dan Harus Sabar Kalau Mau Jajan 5 Makanan Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 25 Okt 2018 17:18 WIB
Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta - Jakarta jadi pusatnya jajanan enak murah meriah. Saking populernya, bahkan ada beberapa jajanan yang membuat pembelinya harus sabar dan rela antre.

Meskipun sederhana, bahkan pengunjung harus makan di pinggir jalan, tapi beberapa jajanan tak menyurutkan niat orang untuk membeli. Antrean mengular juga kadang terlihat pada beberapa penjual makanan, bahkan ada yang sampai menggunakan nomor antrean.

Rasa yang enak dan harga murah meriah jadi daya tarik utama jajanan ini. Di Jakarta, berikut beberapa jajanan yang harus dibeli dengan uang plus rasa sabar.

1. Bakso Gondrong, Tebet
Antre Panjang dan Harus Sabar Kalau Mau Jajan 5 Makanan IniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Pemilik bakso Gondrong yakni Maryanto bukanlah pemain baru dalam dunia perbaksoan. Ia sudah berjualan sejak tahun 1999 di area Tebet. Sekarang pun jualannya masih di kawasan Tebet.

Tak ada kios dengan ruangan nyaman, pembeli bakso Gondrong harus rela makan di pinggir jalan yang bahkan bersisian dengan selokan. Meskipun tempatnya panas dan kurang nyaman tapi pembeli seolah tak menjadikan itu masalah.

Pembeli bakso Gondrong setiap hari membludak, apalagi saat jam makan siang. Mereka rela antre demi semangkuk bakso urat dan bakso telur gurih.


2. Ayam Serundeng, Pasar Baru
Antre Panjang dan Harus Sabar Kalau Mau Jajan 5 Makanan IniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Ayam goreng serundeng yang ada di Pasar Baru ini juga tak kalah populer. Penjualnya adalah seorang wanita bernama Ibu Pranata. Ayam goreng yang dijualnya ini memang berbeda karena dicampur dengan serundeng kelapa yang gurih.

Ibu Pranata tak punya lapak khusus, ia hanya menggelar dagangan di emperan toko. Pembeli makanannya pun hanya disediakan kursi kecil, tak sedikit juga yang harus makan di pinggir jalan. Menu yang ditawarkan Ibu Pranata ini hanyalah nasi dengan ayam goreng dan aneka sate serundeng.

3. Bakso Adam, Glodok
Antre Panjang dan Harus Sabar Kalau Mau Jajan 5 Makanan IniFoto: Devi S. Lestari / detikFood
Ada bakso yang belakangan mendapat sorotan para pencinta bakso di Jakarta. Untuk bisa mencicip bakso Adam yang ada di kawasan Glodok, Jakarta Barat ini pembeli harus antre setidaknya 30 menit sampai 1 jam.

Antrean bahkan mulai mengular meskipun Bakso Adam baru datang. Yang jadi incaran pembeli adalah bakso uratm bakso halus dan bakso gepeng yang diguyur kuah kaldu gurih mantap.

Saking ramainya, Bakso Adam rata-rata hanya berjualan selama 2 jam saja karena langsung ludes. Seporsi baksonya dibanderol dengan harga Rp 20 ribu.


4.SateTaichan 87BangOcit
Antre Panjang dan Harus Sabar Kalau Mau Jajan 5 Makanan IniFoto: dok. detikFood
Beberapa waktu lalu sate taichan jadi kuliner pedas favorit warga Jakarta. Kawasan Senayan adalah lokasi mangkalnya belasan penjual sate taichan tapi yang paling ramai adalah sate Taichan 87 Bang Ocit.

Warung sate yang mulai buka pada sore hari ini bahkan sudah diantre meskipun belum buka. Saking ramainya, ada penjaga yang bertugas membagikan nomor antrean agar pembeli tidak berebut.

Sate Taichan sendiri terbuat dari daging ayam yang hanya dibumbui garam lalu dibakar hingga matang. Yang menjadi daya tarik adalah sambal rawit berlimpah yang diguyur pada sate saat baru matang.

5. Seblak Jeletet Murni
Antre Panjang dan Harus Sabar Kalau Mau Jajan 5 Makanan IniFoto: detikFood

Tahun lalu adalah eranya tren kuliner pedas, salah satunya seblak. Tak heran salah satu seblak yang jadi incaran yakni yang rasanya super pedas seperti Seblak Jeletet Murni.

Setidaknya orang harus rela antre 1-2 jam untuk bisa mencicip semangkuk seblak pedas aneka varian ini. Lokasinya di Pademangan tak menyurutkan orang dari berbagai daerah datang ke Utara Jakarta.

Meskipun harganya agak tinggi tapi seblak ini tak pernah sepi pembeli. Isian seblaknya ada bakso, ceker, sayap hingga telur. (dvs/dvs)