Slurpp! Mau Coba Vodka yang Dibuat dari Susu?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 25 Okt 2018 16:00 WIB
Foto: Instagram blackcowvodka
Jakarta - Produk vodka terbaru milik Black Cow langsung menarik perhatian. Ada tambahan susu yang bikin rasanya unik!

Umumnya vodka dibuat dari air dan ethanol yang berasal dari bijian dan kentang. Namun peternakkan sapi perah di Inggris menghadirkan produk unik yang berbeda dari vodka produsen lainnya.

Vodka bernama Black Cow Vodka ini disebut-sebut sebagai vodka paling 'smooth' di dunia. Diracik dari susu yang berasal dari sapi yang diberi pakan rumput. Sapi-sapi ini diternakkan di wilayah barat daya Dorset, Inggris.

Slurpp! Mau Coba Vodka yang Dibuat dari Susu?Foto: Instagram blackcowvodka

Baca Juga: Ini Dia Vodka Tema Star Trek yang Akan Diterbangkan ke Lapisan Mesosfer

Adalah Paul Archard dan Jason Barber, dua sosok yang menghadirkan vodka susu ini. Barber memiliki latar belakang profesi sebagai peternak sapi perah sehingga mengerti pemanfaatan susu.

Keduanya menyebut Black Cow Vodka bebas laktosa dan gluten karena berasa dari whey, bukan fermentasi kentang atau bijian yang dipakai dalam pembuatan vodka secara umum.

Dikutip dari Business Insider (25/10), untuk membuat vodka susu, pertama susu disuling lalu diproses menjadi keju, bubuk protein whey, dan produk lainnya. Cairan yang tersisa, yang biasanya dianggap limbah, kemudian diproses kembali melalui penyuling besar berbahan tembaga hingga menghasilkan vodka.

Slurpp! Mau Coba Vodka yang Dibuat dari Susu?Foto: Instagram blackcowvodka

"Kami dulunya hanya membuat cuka apel saat luang, dan terus menyulingnya, dan di suatu hari seorang teman dari Polandia berkata pada kami, 'Kamu benar-benar bisa membuat spritis dari apa pun,'" kata Archard. Ia lalu melihat Jason dan berpikir hal sama soal pemanfaatan susu jadi vodka.

Susu rupanya membuat vodka lebih smooth dengan rasa ringan sehingga cocok jadi pengiring santapan. Tak butuh waktu lama untuk susu vodka ini disenangi penduduk lokal dan warga London pada umumnya. Kini Black Cow Vodka kabarnya sudah mulai dipasarkan ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Pertama di Dunia, Perusahaan Minuman Asal Texas Bikin Vodka dari Kacang Black Eye



Tonton juga 'Pertama di Dunia, Vodka dari Kacang Black Eye':

[Gambas:Video 20detik]


(adr/odi)