Seafood Indonesia Paling Enak

Aneka Olahan Seafood Enak Ada di Indonesia

Devi Setya - detikFood Rabu, 24 Okt 2018 17:55 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Seafood Indonesia memang juara soal ragam, kualitas dan kuantitas. Berasal dari perairan Indonesia dan diolah menjadi beragam hidangan lezat.

Indonesia merupakan negara maritim karena luas perairannya mencapai angka 3,2 juta km2. Dari hamparan laut ini terkandung seafood yang bisa diolah jadi banyak makanan enak.

Sebut saja ikan unggulan asal Indonesia, ada tuna, tongkol, cakalang hingga ikan kerapu. Belum lagi seafood yang tak kalah banyak mulai udang, kerang, cumi, kepiting hingga lobster yang dagingnya tebal dan gurih.
Aneka Olahan Seafood Enak Ada di IndonesiaFoto: Istock

Baca juga : Kerapu dan Ekor Kuning, Jenis Ikan Ukuran Sedang yang Banyak Diminati

Di Indonesia juga banyak perairan penghasil ikan dan seafood terkenal, bahkan ada beberapa seafood unggulan yang diburu dunia. Sebut saja teripang, ikan kerapu, ikan napoleon hingga ikan tuna sirip kuning yang kalau dijual di pasar harganya bisa selangit.

Karena banyaknya hasil tangkapan laut, tak heran masyarakat kemudian jadi pandai meracik berbagai hidangan enak berbahan ikan dan seafood. Jangan kaget kalau Indonesia juga punya hidangan ikan mentah seperti sashimi lho.
Aneka Olahan Seafood Enak Ada di IndonesiaFoto: Istock

Sensasi makan seafood seru juga bisa dilakukan di berbagai daerah pesisir yang menawarkan pengalaman makan langsung di depan pantai. Coba datang ke kawasan Anyer, Jimbaran atau Lombok yang pasti punya seafood segar plus pemandangan keren.

Mau kenyang wisata kuliner seafood? Makassar bisa jadi destinasi wisata karena di sini ada banyak ragam ikan laut yang rasanya enak meskipun hanya dimasak dengan bumbu sederhana. Atau bisa ke Palembang yang olahan ikannya tak kalah mantap. Jangan lewatkan pempek dan otak-otaknya.

Meskipun hasil tangkapan ikan Indonesia cukup tinggi tapi konsumsinya ternyata terbilang rendah. Tak heran kalau Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti punya slogan, "Tidak makan ikan, saya tenggelamkan!"
Aneka Olahan Seafood Enak Ada di IndonesiaFoto: Istock
Baca juga : Selain Jagung Gorontalo Punya Seafood dan Rempah Juara

Ikan dan seafood segar bisa didapat dengan mudah di pasar maupun supermarket tapi kalau mau lebih lengkap coba datang langsung ke pasar ikan. Selain jenisnya banyak dan segar, harga ikan dan seafood di pasar ini juga lebih miring.

Rahasia kelezatan seafood terletak pada tingkat kesegaran dan teknik memasaknya. Kalau mau masak ikan dan seafood di rumah, pastikan Anda sudah paham betul kualitas seafood dan cara benar mengolahnya.

Mau tahu lebih lanjut seputar ikan dan seafood asli Indonesia, ragam hidangannya dan tips mengolahnya? Semuanya akan dibahas lengkap dalam ulasan detikFood, pastikan Anda tak melewatkannya. Yuk makan ikan, supaya tidak ditenggelamkan! (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com