Kue Tradisional Asia

Inilah 6 Bahan Populer yang Dipakai dalam Pembuatan Kue Basah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 23 Okt 2018 18:32 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia
Jakarta - Ciri khas kue basah terletak pada rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut dan kenyal. Hal ini didapat dari pemakaian 6 bahan populer berikut.

Rata-rata kue tradisional di Asia dibuat dari 6 bahan ini. Ada tepung beras, tepung ketan hingga santan yang banyak dipakai dalam resep kue tradisional Asia.

1. Tepung beras
Tepung beras merupakan bahan paling umum untuk membuat kue tradisional di Asia. Pemakaian tepung ini membuat kue jadi lembut dan lentur. Tepung beras sendiri terbuat dari beras putih yang ditumbuk halus.

Kue basah Indonesia yang dibuat dari tepung beras antara lain nagasari, talam, kue mangkok hingga carabikang. Ada juga dango dari Jepang dan galapong dari Filipina yang dibuat dari tepung beras.

Inilah 6 Bahan Populer yang Dipakai dalam Pembuatan Kue BasahTepung beras paling populer dipakai dalam pembuatan kue basah (Foto: iStock)

2. Tepung kanji
Tepung kanji alias tapioka juga banyak dipakai dalam pembuatan kue tradisional. Tepung berbahan singkong ini punya fungsi merekatkan makanan dengan tekstur kenyal.

Salah satu kue basah berbahan tepung kanji adalah cenil. Biasanya cenil diberi pewarna makanan cantik lalu ditaburi parutan kelapa segar dan gula pasir. Ada juga kue lapis, bola-bola ubi dan ongol-ongol yang dalam pembuatannya memadukan tepung kanji.

Baca Juga: Kenyal Manis Jenang Grendul yang Selalu Bikin Kangen

3. Tepung hunkwe
Tepung hunkwe sebenarnya adalah pati kacang hijau. Dibuat dari kacang hijau berkualitas baik yang sudah dibuang kulit arinya. Tepung hunkwe umum dijual dalam kemasan kertas bentuk silinder.

Pemakaian tepung hunkwe menghadirkan tekstur kenyal dan lentur pada kue. Aromanya juga sangat khas dan harum. Beberapa kue basah yang dibuat dari tepung hunkwe dalah kue cantik manis dan kue lapis. Selain itu, cendol juga dibuat dari tepung ini.

Inilah 6 Bahan Populer yang Dipakai dalam Pembuatan Kue BasahTepung hunkwe bisa dipakai dalam pembuatan kue lapis (Foto: iStock)

4. Tepung ketan
Mirip tepung beras, penggunaan tepung ketan pada kue basah juga membuat tekstur kue lembut, lentur dan legit. Tepung ketan ada dua jenis yaitu hitam dan putih.

Klepon adalah kue basah populer berbahan tepung ketan. Kue ini dicampur tepung beras, garam, serta pewarna hijau. Di dalamnya diisi gula merah. Ada juga kue mendut dan onde-onde yang memakai tepung ketan sebagai bahan utama.

5. Gula merah
Gula merah jadi pelengkap kue basah yang banyak dipakai. Rasanya yang manis legit bisa dipakai jadi isian, campuran, atau dibuat saus. Pada kue putu dan klepon, gula merah menjadi isian yang enak.

Sementara pada kue cucur, gula merah menjadi paduan bersama tepung terigu. Ada juga kue lupis yang enak dinikmati bersama saus gula merah.

Inilah 6 Bahan Populer yang Dipakai dalam Pembuatan Kue BasahGula merah juga jadi bahan penting pembuatan kue basah (Foto: iStock)

6. Santan
Santan juga jadi kunci dalam pembuatan banyak kue basah. Santan bisa dipakai dalam adonan atau dijadikan siraman saat kue basah akan disajikan.

Kue serabi, misalnya, makin enak dengan siraman saus santan dan gula merah. Begitu juga dengan saus mango sticky rice khas Thailand yang dibuat dari paduan santan.

Baca Juga: Nila Sari: Kue Tradisional Indonesia Bakal Terus Disuka Masyarakat

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia