Tanpa Bahan Pengawet, Omelet Ini Bisa Tahan Selama 1 Tahun

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 23 Okt 2018 15:42 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perusahaan ini buat omelet kemasan yang dapat disimpan dalam waktu satu tahun. Menariknya, omelet tersebut dibuat tanpa bahan pengawet.

Omelet jadi salah satu olahan telur favorit. Selain mudah dibuat, rasanya lezat juga memiliki tekstur yang lembut. Sehingga cocok dimakan untuk sarapan.

Melihat hal tersebut perusahaan bernama Scramblers sengaja membuat 'omelette bar'. Omelette bar sengaja dibuat sebagai pengganti protein bar dan yogurt. Ada tiga pilihan kreasi omelette bar yang bisa dipilih. Mulai dari omelette bacon plus keju, omelette bayam dan feta, dan omelette sosis ayam pedas.

Baca juga: Dulunya 10 Makanan Mahal Ini Adalah Makanan Sepele dan Murah (1)

Tanpa Bahan Pengawet, Omelet Ini Bisa Tahan Selama 1 TahunFoto: Istimewa
Masing-masing omelette bar mengandung 10 gram protein serta 1 hingga 3 gram karbohidrat. Yang paling penting, ketiganya aman disimpan selama 12 bulan alias satu tahun dan tanpa bahan pengawet!

Padahal biasanya telur cepat membusuk dalam beberapa hari. Sehingga terdengar aneh jika ada telur yang aman disimpan dalam waktu satu tahun. Ternyata ada teknik khusus yang dipakai dalam proses pembuatan omelette bar tersebut.

Dilansir Foofbeast (19/10), omelette bar dibuat dengan teknologi 'patent-pending'. Teknologi tersebut memasak telur dalam tekanan dan suhu yang membuat telur stabil. Co foundernya, Dan Kaplan, mengatakan bahwa omelette bar tersebut dikemas dalam kemasan khusus yang bisa dipanaskan langsung.

Proses tersebut juga dilakukan dalam proses pembuatan makanan kaleng. Proses terbarunya, microwave yang memiliki sterilisasi termal yang digunakan untuk membuat makanan tinggal panaskan yang biasa ada di supermarket.

Tanpa Bahan Pengawet, Omelet Ini Bisa Tahan Selama 1 TahunFoto: Istimewa
Omeletnya sendiri sudah matang dalam kemasan. Kemasan khusus inilah yang menjaga omelette bar tahan hingga 12 bulan. Tentunya jika segel kemasan tak rusak. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan omelette bar ini juga terjamin kualitasnya.

Cara penyajiannya cukup mudah. Cukup panaskan omelette bar di dalam microwave selama 10-15 detik. Nantinya Anda bisa melahap omelette bar ini langsung atau pun mencampurnya dengan beberapa bahan lainnya. Seperti memadukannya dengan sandwich atau pun nasi putih.

Rencananya Scrambles akan merilis omelette bar ini di awal tahun 2019. Itu pun jika projek yang tergabung dalam Kickstarter itu mendapat dana yang memadai agar bisa diproduksi secara masal. Harga satu buah omelette bar dibanderol seharga $3 (Rp 45 ribu).

Baca juga: Ini Dia Makanan Murah yang Disulap Jadi Makanan Mewah dan Mahal





Tonton juga 'Resep: Sandwich Omelette Mie':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)