Ini Dia Makanan Murah yang Disulap Jadi Makanan Mewah dan Mahal

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 22 Mei 2018 12:56 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa bilang makanan murah tidak bisa disulap jadi makanan mewah dan mahal? Beberapa gerai hingga celebrity chef asal Inggris ini sudah membuktikannya.

Beberapa waktu lalu, celebrity chef Inggris, James Starwbridge membuat cornish pasty termahal di dunia. Ia bekerjasama dengan Padstow Pasty Co, sebuah gerai Cornish pasty terkenal di Inggris.

Cornish pasty merupakan kue yang bentuknya mirip pastel. Kue asal Cornwall ini masuk dalam kategori pasty. Pasty berbeda dengan pastry, karena adonan pasty lebih padat daripada pastry. Umumnya pasty berisi campuran daging cincang, bawang bombay, kentang, dan lobak.

Ini Dia Makanan Murah yang Disulap Jadi Makanan Mewah dan MahalFoto: Istimewa
Sedangkan pasty buatan James terbuat dari daging kepiting putih, Cornish butter, krim beku, white wine, samphire, dan rumput laut. Karena pemakaian bahan itu, Cornish pasty tersebut dibanderol sebesar £10.95 (Rp 208 ribu). Tapi saat ini masih dijual dengan harga promo, yaitu sebesar £8.75 (Rp 166 ribu).

Berdasarkan keterangan James, Cornish pasty mahal ini sengaja dibuat karena penurunan harga dan kualitas pasty di Inggris.

"Kami ingin membalikkan (fakta itu) dan memperlihatkan kalau pasty seharusnya layak memiliki nilai lebih. Apa yang salah dengan gourmet pasty?," tutur James Starwbridge pada metro.co.uk (21/5).

Padahal di tahun 2014 lalu, penjualan Cornish pasty di Inggris sedang tinggi. Dalam setahun, penjual Cornish pasty dikabarkan meraih keuntungan sebesar Rp 5 triliun.

Baca juga: Cornish Pasty Inggris Raup Untung Lebih dari Rp 5 Triliun Setahun

Ini Dia Makanan Murah yang Disulap Jadi Makanan Mewah dan MahalFoto: Istimewa
Sebenarnya ini bukan makanan murah yang diubah jadi makanan mahal pertama di Inggris. Akhir tahun lalu, Selfridges menjual es krim dengan harga hampir £100 (Rp 1.9 juta).

Es krim itu merupakan es krim termahal di Inggris. Dengan merogoh kocek sebesar itu, warga Inggris bisa merasakan es krim rasa salted caramel lembut yang tersaji di cone es krim spesial.

Cone tersebut tidak dibuat dengan mesin, lalu bagian atasnya dicelupkan ke dalam dark chocolate Madagaskar kemudian diselimuti taburan mutiara emas.

Tidak hanya itu, es krim cone ini juga bertopping pecan karamel, berlian dan serpihan emas yang dapat dimakan serta cokelat truffle Belgia putih yang berisi karamel. Lalu diberi pipet rasa mangga, jahe, dan saus buah markisa serta satu buah sorbet macaron raspberry. Terakhir, es krim ini diberi selembar daun emas 24 karat.

Ini Dia Makanan Murah yang Disulap Jadi Makanan Mewah dan MahalFoto: Istimewa
Masih di tahun yang sama, jasa pesan antar makanan Inggris, Deliveroo, mengeluarkan paket online food termahal di dunia. Perusahaan itu bekerjasama dengan acara kuliner, The Drama Kitchen.

Paket tersebut berisi mac and cheese dan Caesar salad. Hanya saja tersaji dengan lobster Skotlandia premium yang dikirim langsung dari Pasar Billingsgate, London. Serta Parmigianno Reggiano berusia 24 bulan, kaviar Imperial Oscetria, truffle hitam Perigord, dan daun emas 23 karat. Paket tersebut sudah termasuk segelas wiski. Paket ini dibanderol sebesar £950 (Rp 18 juta).

Ini Dia Makanan Murah yang Disulap Jadi Makanan Mewah dan MahalFoto: Istimewa
New York, AS, juga tidak ingin ketinggalan. Sebuah restoran bernama Industry Kitchen menjual pizza bertopping emas 24 karat. Pizzanya memang biasa saja, hanya saja memiliki topping yang spesial.

Selain daun emas 24 karat, pizza ini bertopping keju stilton, Ossetra kaviar, truffle, dan Foie Gras. Sehingga satu pan pizza dibanderol seharga $2.000 (Rp 28.3 juta).

Baca juga: Karena Harganya Mahal, 8 Makanan Ini Sering Jadi Sasaran Pencurian (dwa/odi)