Cornish Pasty Inggris Raup Untung Lebih dari Rp 5 Triliun Setahun

- detikFood Selasa, 11 Mar 2014 08:23 WIB
Foto: cornishcrier/getty images
Jakarta - Di Cornwall, Inggris terkenal dengan penganan bernama Cornish pasty. Kue yang bentuknya mirip pastel ini sangat digemari, hingga penjualannya meraup untung Rp 5 triliun per tahun di seluruh Inggris.

Kue asal Cornwall tersebut berjenis pasty, bukan pastry. Adonan pasty lebih padat daripada pastry dan isinya bisa manis atau gurih. Mirip dengan adonan kulit pastel. Untuk pasty tradisional, isiannya berupa campuran daging cincang, bawang bombay, kentang dan lobak.

Cornish pasty asli Cornwall memiliki bentuk seperti huruf D dan adonannya mengerut di salah satu sisi. Rasanya mirip pastel, bagian luarnya renyah gurih dan bagian dalamnya gurih enak dengan aroma wangi bawang, apalagi jika dimakan hangat.

Keuntungan yang didapatkan dari penjualan Cornish pasty tahun ini hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2005. Menurut Cornwall Food and Drink, lebih dari 120 juta pasty diproduksi tiap tahunnya.

“Saya tinggal di Cornwall selama 14 tahun dan saya rasa sekarang banyak sekali perubahan. Industri pasty dan pabrik makanan sudah sangat berkembang,” tutur Ruth Huxley dari Cornwall Food and Drink kepada BBC News (05/03/2014).

Organisasi Cornwall Food and Drink telah meluncurkan kampanye tahun baru ini berjudul “Choose Cornish Every Day”. Kampanye tersebut diharapkan dapat memperbanyak makanan produksi lokal.

Sejak tahun 2011, Cornish pasty mendapat perlindungan hukum Protected Geographical Indiciation (PGI) dari European Union Law sehingga hanya Cornish pasty buatan Cornwall berhak disebut 'Cornish'.







(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com