Kopi Rwanda Terpilih Sebagai Kopi Terbaik Dunia

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 18 Okt 2018 12:22 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Biji kopi asal Rwanda didapuk jadi biji kopi terbaik di dunia dalam sebuah acara kopi internasional. Hal apa saja yang membuat terpilihnya biji kopi Rwanda?

Setelah melewati serangkaian tes, biji kopi yang ditanam di Rwanda dinobatkan sebagai biji kopi "Best of The Best". Hal itu dinyatakan oleh pakar kuliner dan kopi di ajang Ernesto Illy International Coffee Awards ketiga.

Penghargaan itu diberikan kepada Ngororero Coffee Washing Station dan diterima oleh Philotée Muzika. Hal ini dilakukan karena banyak wanita yang terlibat dalam produksi kopi. Bahkan kabarnya ada campur tangan wanita di hampir semua produksi kopi dunia.

Kopi Rwanda Terpilih Sebagai Kopi Terbaik DuniaFoto: Istimewa
Baca juga: Mengenal 5 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Dari Berbagai Wilayah

Penghargaan 'Best of the Best' ini dipilih dari 9 negara penghasil biji kopi berkualitas. Mulai dari Brasil, Kolombia, Kosta Rika, El Salvador, Ethiopia, Guatemala, India, Nikaragua, dan Rwanda. Penilaiannya diambil berdasarkan kekayaan dan kompleksitas aroma, keseimbangan dan kualitas, dan intensitas aroma dan kekokohan biji kopi.

Semua hal itu dinilai oleh 6 juri profesional. Diantaranya, Mark Pendergast penulis buku Uncommon Grounds: The History of Coffee and How it Transformed Our World, Wine Spectator sekaligus penulis, Owen Dugan, Chef Alfio Ghezzi, kepala peneliti Specialty Coffee Association, Peter Giuliano, pemilik CoffeeTalk Media, Kerri Goodman, L'Argine restaurateur Vencó Antonia Klugmann, Chef Niko Romito, pemimpin redaksi Saveur Adam Sachs serta penghasil kopi Honduras Ernerso Velasquez. Tak ketinggalan, "Asia's first lady of coffee," Sunalini Menon.

"Ini suatu kehormatan dan kebanggaan atas prestasi yang didapat Ngororero Coffee Washing Station dan Muzika dan semua finalis kami yang fokus dalam memproduksi kopi berkualitas tinggi dengan metode berkelanjutan (sustainable)," tutur pemimpin Illycaffè, Andrea Illy pada Daily Meal (17/10).

Kopi Rwanda Terpilih Sebagai Kopi Terbaik DuniaFoto: Istimewa
"Perayaan minggu ini merupakan tema yang lebih besar dan dibutuhkan dedikasi, kebanggaan, dan bakat besar dari 25 juta keluarga petani kopi di dunia yang mengisi gelas kami dan mengisi jiwa kami setiap hari," tambahnya.

Illycaffè atau kerap disebut Illy merupakan jaringan usaha kopi Italia yang hadir diberbagai negara. Seperti Kuala Lumpur, London, Milan, Paris dan San Francisco. Pencinta kopi pasti sering menyesap kopi Illy di hotel, restoran maupun pesawat terbang.

Baca juga: Ini Dia Dogiyai, Biji Kopi Lokal Terbaik dari Papua




Tonton juga 'Jack Ma akan Pasarkan Mi Instan dan Kopi di Alibaba':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)