Kue Tradisional Asia

Selain Cantik, Kue Tradisional Asia Juga Manis Enak Rasanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 16 Okt 2018 17:50 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia
Jakarta - Tiap negara di Asia punya kue dan dessert tradisional yang menggugah selera. Dibuat dari bahan lokal sederhana, kue-kue ini tetap populer hingga sekarang.

Jenis kue tradisional Asia sangat banyak mengingat tiap negara memiliki kue dan dessert tradisional khas yang patut dicoba. Dari Asia Tenggara, ada kue Indonesia yang punya kemiripan dengan kueh atau kuih Malaysia, Singapura dan Brunei.

Kue di 4 negara tetangga ini merujuk pada makanan mungil bercita rasa manis. Umumnya dibuat dari tepung beras atau tepung ketan dengan cara dikukus. Hal inilah yang membedakan kue tradisional Asia dengan pastry atau kue Barat, baik dari segi tampilan maupun rasanya.

Baca Juga: Selain Bangkok, 10 Kota di Asia Ini Punya Destinasi Kuliner yang Enak

Selain Cantik, Kue Tradisional Asia Juga Manis Enak RasanyaAneka kuih yang dijajakan di pinggir jalan (Foto: iStock)

Kue atau kuih kebanyakan dibuat dari tepung beras, tepung ketan, tepung kanji dengan paduan kelapa, santan, daun pandan dan gula merah. Kemampuan membuat kue ini pun biasanya diturunkan dari generasi ke generasi sehingga kue tradisional tetap populer hingga sekarang.

Mengintip kue di Myanmar, Thailand dan Vietnam juga tak kalah menarik. Beberapa jenis kuenya punya kesamaan dengan kue di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Contohnya kue lapis yang lembut manis.

Di Thailand, secara khusus kue atau dessert tradisional disebut Khanom Wan Thai. Jenis terpopulernya dibuat dari beras ketan alias sticky rice, dengan pelengkap buah mangga atau durian.

Selain Cantik, Kue Tradisional Asia Juga Manis Enak RasanyaKhanom Wan Thai dari Thailand yang menggugah selera (Foto: iStock)

Sementara di Jepang, kue tradisional bahkan sudah ada jauh sebelum orang-orangnya mengenal gula. Biasanya kue dibuat dari kacang, buah, anko (pasta kacang merah) dan mochi (kue beras ketan). Dikenal dengan sebutan wagashi, kue dan dessert tradisional ini dinikmati bersama teh hijau.

Korea Selatan juga punya banyak kue menggugah selera. Salah satu yang terkenal bernama Dasik. Bentuk, warna dan ukurannya beragam. Dasik yang mirip biskuit ini biasanya dibuat dari tepung beras, kacang kedelai hingga wijen hitam.

Selain Cantik, Kue Tradisional Asia Juga Manis Enak RasanyaDasik dari Korea Selatan umum dinikmati dengan teh (Foto: Wikipedia)

Lalu bagaimana dengan kue tradisional di Filipina, Kamboja, Hong Kong hingga India? Nah, pada ulasan kali ini detikFood akan membahas soal kue-kue tersebut. Mulai dari keunikannya hingga tempat untuk menikmatinya. Untuk tahu informasi lengkapnya, pantau detikFood terus ya!

Baca Juga: Begini Cara Membuat Ciba, Kue Tradisional China

(adr/odi)
FOKUS BERITA Kue Tradisional Asia

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com