Chef Ini Pecahkan Rekor Dunia dengan Masak 3000 kg Nasi Khas India

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 16 Okt 2018 15:50 WIB
Foto: Twitter @ranjitVDeshmukh Foto: Twitter @ranjitVDeshmukh
Jakarta - Peringati World Food Day 2018 jatuh pada hari Kamis. Chef dari India ini berhasil membuat 3000 kg khichdi, hidangan nasi khas India yang pecahkan rekor dunia.

Banyak orang berlomba-lomba untuk mencipatkan rekor dunia terbaru. Seorang chef bernama Vishnu Manohar, memasak 3000 kg khichdi dalam satu panci besar, dan mengukir rekor terbaru di Guiness World Record.

Baca Juga: Wouw! Pria Ini Pecahkan Rekor Baru Potong Semangka di Atas Perut
Chef Ini Pecahkan Rekor Dunia dengan Masak 3000 kg Nasi Khas IndiaFoto: Twitter @ranjitVDeshmukh
Dilansir Latest LY (15/1), chef asal Maharasthra, Nagpur, India ini sengaja membuat khichdi untuk merayakan World Food Day yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. Untuk membuat hidangan bersekala besar ini, dia memiliki harapan bahwa khichdi bisa menjadi ikon makanan nasional di India.

Disaksikan oleh banyak orang, Chef Vishnu memasak di Chitnis Park Setadium di Mahal. Ia membutuhkan waktu sekitar 3 jam berdiri dan memasak khichdi. Ia mulai memasak sejak jam 5.30 pagi hingga 9.30 pagi. Selain ingin memecahkan rekor dunia, ia ingin acara memasaknya ini bisa masuk ke daftar India Book of World Records hingga Asia Book Records.

"Saya telah mencoba untuk memecahkan rekor dunia. Alasan dibaliknya karena saya ingin khichdi dinobatkan sebagai makanan nasional, karena hampir semua orang di sini mengonsumsi khichdi. Apalagi khichdi merupakan makanan yang sehat, dan terjangkau," tutur Chef Vishnu.
Chef Ini Pecahkan Rekor Dunia dengan Masak 3000 kg Nasi Khas IndiaFoto: Twitter @ranjitVDeshmukh
Untuk membuat hidangan kichdi seberat ribuan kilo ini, ia menggunakan 275 kg beras, 125 kg kacang lentil atau miju-miju, 150 kg kacang-kacangan, 3000 liter air, dan 150 kg minyak samin.

Setelah semua bahan dicampur, Chef Vishnu mulai mengaduknya secara perlahan. Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Perhubungan India, Nitin Gadkari. Ini bukan pertama kalinya seseorang memasak khichdi dalam jumlah banyak, sebelumnya rekor dipegang oleh Sanjeev Kapoor, yang berhasil membuat khichdisebanyak 918 kg di New Delhi.
Chef Ini Pecahkan Rekor Dunia dengan Masak 3000 kg Nasi Khas IndiaFoto: Twitter @ranjitVDeshmukh
Kichdi merupakan salah satu hidangan populer India. Terbuat dari beras yang dicampur dengan kacang lentil, dan beragam polong-polongan yang dibumbui dan dimasak hingga lunak. Mirip dengan bubur kental sehingga sering diberikan sebagai makanan padat pertama pada bayi.

Chef Vishnu sendiri terkenal dengan aksi memasaknya. Di tahun 2017, ia pernah mencetak rekor dunia dengan masak tanpa henti selama 53 jam.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Dunia, Chef Ini Masak Tanpa Henti Selama 53 Jam!





Tonton juga 'Wow! Baklava 500 Kg Pecahkan Rekor Dunia Baru':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)