Sering Kesepian? Dokter Sarankan Untuk Ikut Kelas Memasak

Devi Setya - detikFood Selasa, 16 Okt 2018 11:36 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Kesepian ternyata jadi hal yang meresahkan. Gangguan mental ini dikhawatirkan bisa menjadi parah kalau tidak ditangani dengan baik.

Dikabarkan FoxNews (16/10) para dokter di Inggris bisa membuatkan resep unik bagi pasiennya yang merasa kesepian. Resep ini bukan berupa obat melainkan kelas memasak.
Sering Kesepian? Dokter Sarankan Untuk Ikut Kelas MemasakFoto: Istock
Baca juga : Mau Belajar Memasak? Gordon Ramsay akan Buka Cooking Class Online Awal 2017

Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah pemerintah Inggris untuk menekan angka orang yang kesepian. Resep dokter ini rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2023 setelah semua persiapan sudah selesai.

Sebelumnya, Perdana Menteri Theresa May mengatakan kesepian sebagai salah satu masalah kesehatan terbesar saat ini. Karena kesepian berkaitan dengan munculnya berbagai penyakit mulai jantung, stroke hingga penyakit alzheimer.

Pemerintah mengatakan sekitar 200.000 orang dewasa di seluruh negeri tidak melakukan percakapan dengan seorang teman atau kerabat dalam waktu sebulan. Hal ini pastinya membuat seseorang mengalami masalah mental.
Sering Kesepian? Dokter Sarankan Untuk Ikut Kelas MemasakFoto: Istock
Strategi antikesepian ini nantinya mempersilahkan dokter menyarankan berbagai kegiatan pada pasiennya. Dokter bisa merekomendasikan kegiatan seperti kelas memasak, kelompok berjalan hingga kelas seni. Dalam hal ini dokter tidak memberikan obat-obatan.

Untuk mendukung program ini, pemerintah Inggris sudah siap menggelontorkan dana sekitar 1,8 juta Poundsterling (Rp 36 milar).

Rencananya program ini akan diujicoba di kawasan Liverpool dan New Malden. Lalu secara bertahap akan dilanjutkan ke kawasan-kawasan lainnya di Inggris.

Dilansir dari Independent, orang-orang berusia dewasa awal cenderung merasa lebih kesepian dibandingkan kelompok usia lainnya.

"Strategi ini hanya awal dari sebuah perubahan sosial yang panjang dan luas di negara kita - tetapi ini adalah langkah pertama yang penting dalam misi nasional untuk mengakhiri kesepian dalam kehidupan kita," kata May.
Sering Kesepian? Dokter Sarankan Untuk Ikut Kelas MemasakFoto: Istock
Baca juga : Makan Sendirian di Depan Cermin Bisa Usir Kesepian

Dana yang disiapkan tersebut nantinya akan digunakan untuk memperbanyak fasilitas sosial seperti kafe baru, ruang seni atau taman. Dengan ini diharapkan orang bisa berkumpul dan bersosialisai dengan interaksi yang lebih berkualitas.

"Kami membantu orang untuk membangun koneksi untuk menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan lebih sehat."




Tonton juga 'Diduga Depresi, Pria Kesepian Coba Bakar Rumah Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)