Hidangan China Populer

Di Surabaya hingga Pontianak Ada Restoran China Legendaris yang Masih Eksis

Devi Setya - detikFood Senin, 15 Okt 2018 14:23 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
FOKUS BERITA Hidangan China Populer
Jakarta - Kuliner China tersebar luas di hampir seluruh daerah di Indonesia. Beberapa restoran bahkan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan terbilang legendaris.

Di beberapa daerah, makanan China punya banyak penggemar. Seperti di Bandung, Surabaya hingga Pontianak ada tempat makan China yang sudah melegenda dan menyajikan hidangan oriental enak.

1. Hong Sin Restaurant, Bandung
Di Surabaya hingga Pontianak Ada Restoran China Legendaris yang Masih EksisFoto: Instagram presarino
Restoran China di Bandung ini sudah melegenda karena sudah buka sejak tahun 1958. Konsep restorannya cocok untuk disambangi bersama keluarga atau teman-teman. Restoran ini terbilang luas dan terdiri dari dua lantai.

Hidangan andalannya adalah masakan China autentik dengan racikan saus China yang terbilang berlimpah. Menu andalan di resto ini antara lain ifumi goreng, bakpau hingga aneka bubur oriental. Pengunjungnya bukan hanya masyarakat Bandung saja tapi juga para traveler yang datang dari luar kota Bandung. Lokasi restoran ini ada di Jl. Banceuy No. 110, Asia Afrika, Bandung.

Baca juga : Yuk, Mampir ke 5 Resto China Legendaris di Jakarta!

2. Kwetiau Apollo, Pontianak
Di Surabaya hingga Pontianak Ada Restoran China Legendaris yang Masih EksisFoto: Instagram keepeating.id
Kalau berkunjung ke Pontianak kurang afdol kalau tak mampir mencicip kwetiau kebanggaan masyarakat sekitar ini. Ada Kwetiau Apollo yang kedainya sudah buka sejak tahun 1968.

Meskipun sederhana, pesona kwetiau Apollo seperti tak pernah lekang oleh waktu. Menu andalannya ada kwetiau goreng dan kwetiau siram sapi. Bumbu rahasia kedai ini adalah campuran cuka ikan, kecap asin, kecap manis dan sambal spesial yang bikin rasanya ngangeni.

Orang Pontianak lebih mengenal kwetiau dengan sebutan mie tiau. Selain kwetiau, ada juga menu lainnya seperti nasi goreng, bihun goreng dan aneka makanan China lainnya.

3. Bakmi Kai Cai, Belitung
Di Surabaya hingga Pontianak Ada Restoran China Legendaris yang Masih EksisFoto: Instagram @tjung_emylia
Di Belitung ada dua kedai chinese food yang bisa disambangi yakni Bakmi Kai Cai dan Yammien Achoi. Menurut orang Belitung, belum lengkap rasanya kalau meninggalkan Belitung tanpa mencicip Bakmi Kai Cai.

Lokasinya agak masuk ke dalam gang, tempatnya kecil tapi peminatnya tak pernah sepi. Semangkuk bakmi ini isinya mie kenyal dengan ayam cincang. Bisa juga tambah bakso ikan, tahu dan pangsit yang disajikan terpisah dengan kuah kaldu bening.

Kalau penasaran dengan bakmi ini, pastikan datang agak pagi karena bakmi biasanya sudah habis pukul 11 siang. Jangan sampai kehabisan ya!

4. Ahong, Surabaya
Di Surabaya hingga Pontianak Ada Restoran China Legendaris yang Masih EksisFoto: Instagram ahong_mulyosari
Jangan bayangkan sebuah restoran nyaman dengan ruangan luas, Ahong ini adalah chinese food kaki lima. Tapi meskipun sebuah warung tenda tapi makanannya selera bintang lima.

Berbagai masakan China ada di warung yang berlokasi di Mulyosari, Surabaya. Beberapa menu andalannya ada capcay, ko lo kee, nasi goreng kepiting hingga swikee saus mentega.

Selain dikenal enak, kedai Ahong ini juga jadi favorit karena harganya terbilang murah meriah. Jangan lupa juga cicip menu seafoodnya mulai kepiting hingga ikan bakar.

Baca juga : Menikmati Hidangan Kanton Autentik dari Resto Legendaris di Jakarta

5. Depot 21, Malang
Di Surabaya hingga Pontianak Ada Restoran China Legendaris yang Masih EksisFoto: Instagram laurentiadewi_blog
Kalau mencari kuliner China enak di Malang, orang pasti banyak menunjuk Depot 21. Kedai ini memang sudah lama berdiri dan dikenal konsisten menyajikan makanan China yang enak dan murah meriah.

Untuk menjamin kualitas rasanya, juru masak di kedai ini adalah sang empunya sendiri. Menu makanannya juga tak banyak berubah sejak belasan tahun lalu.

Menu andalannya ada banyak, seperti tamie capcay, bakmie kuah, lo mie, ayam goreng ngo hiang kee hingga olahan daging babi. Kedai ini berlokasi di Jalan Brigjend Slamet Riadi 94A, Malang. Tergoda?




Tonton juga 'Sejarah Masuknya Kuliner China ke Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)
FOKUS BERITA Hidangan China Populer