Bukan Aksi 'Debus', Festival Vegetarian di Thailand Ini Tusuk Pipi Pakai Pisau

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 14 Okt 2018 13:03 WIB
Foto: AFP Foto: AFP
Jakarta - Setiap negara memiliki ritual dan kepercayaan masing-masing. Salah satunya di Thailand, yang punya festival vegetarian unik yang sedikit ekstrem dan berbahaya.

Setiap tahunnya masyarakat di Thailand merayakan acara 'Nine Emperor Gods', atau hari 'Sembilan Kaisar Dewa'. Acara ini dilangsungkan di Phuket, salah satu destinasi wisata terkenal di Thailand pada tanggal 9 Oktober lalu. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas keturunan Tionghoa di seluruh Thailand, yang diwajibkan untuk menahan diri dari makan daging, minuman beralkohol, hingga berjudi.

Baca Juga: New York Hingga Taipei, Kota Surga Makanan Para Vegetarian

Bukan Aksi 'Debus', Festival Vegetarian di Thailand Ini Tusuk Pipi Pakai PisauFoto: AFP
Dilansir Daily Mail UK (11/10), setiap pria yang ikut serta harus rela wajahnya ditusuk dengan benda-benda tajam, seperti pisau, paku, tusuk sate dari besi, ujung teko besi yang tajam, termasuk pompa bensin.

"Orang-orang yang menindik wajah mereka, dipercaya sebagai keturunan dewa yang turun ke bumi untuk menujukkan keajaiban. Tindikan di wajah mereka berarti bahwa para dewa rela menderita, sehingga dosa-dosa manusia dibersihkan,' tutur Pathompong Reanthong, salah satu penyelenggara acara ini.

"Kunci dari festival ini sebenarnya untuk memathui ajaran agama, dan berhenti mengonsumsi daging. Ini merupakan festival untuk membuang nasib buruk," lanjutnya.

Bukan Aksi 'Debus', Festival Vegetarian di Thailand Ini Tusuk Pipi Pakai PisauFoto: AFP
Meski kelihatannya ekstrem dan berbahaya, tapi banyak peserta yang turut meramaikan festival ini setiap tahunnya. Sebelum mengikuti festival ini, semua peserta diharapkan untuk tidak makan daging, dan festival vegetarian ini sudah ada sejak tahun 1825.

Menurut cerita dari warga lokal, dulunya beberapa orang Tionghoa jatuh sakit. Mereka kemudian mulai mengadopsi pola makan vegetarian, dan melakukan ritual ini untuk meningkatkan kesehaan mereka.

Bukan Aksi 'Debus', Festival Vegetarian di Thailand Ini Tusuk Pipi Pakai PisauFoto: AFP
Kini acara Nine Emperor Gods menjadi salah satu festival yang paling ditunggu oleh masyarakat Thailand, hingga wisatawan asing.

Setelah wajah para peserta dipenuhi oleh tusukan benda tajam, mereka akan berjalan di atas arang panas yang akan disaksikan oleh ratusan ribu orang.

Baca Juga: Hidangan Thailand Belum Tentu Pedas, Murah, dan Vegetarian (dwa/odi)