New York Hingga Taipei, Kota Surga Makanan Para Vegetarian (1)

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Sep 2016 18:15 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tak mudah bagi vegetarian menemukan makanan saat bepergian. Namun di 10 kota ini mereka bisa dengan mudah manjakan selera.

Travel Supermarket (13/9) merilis daftar 10 kota di dunia yang ramah vegetarian. Penilaian didasarkan pada ulasan ratusan pengunjung restoran ramah vegetarian di seluruh dunia. Sebaiknya para vegetarian tak melewatkan kota-kota berikut saat bepergian.

1. New York
Salah satu kota tersibuk di dunia ini ternyata ramah vegetarian. Sekitar 88% restoran vegetarian di sana mendapat bintang 4-5. Tiap tahun New York juga menyelenggarakan NYC Vegetarian Food Festival dengan lebih dari 100 exhibitor dan pembicara tamu. Kalau mau bersantap, Seasoned Vegan di kawasan 55 St Nicholas Ave dan Dun-Well Doughnuts di Brooklyn bisa jadi pilihan.

2. Portland

Tiap 1 dari 612 orang di Portland adalah vegetarian. Sekitar 87% restoran vegetarian di kota besar Amerika Serikat ini juga mendapat bintang 4-5 sehingga para vegetarian tak perlu khawatir dengan kelezatan makanan di sana. Sempatkan mampir ke Portland Farmers Market karena ada 140 stan yang menjual sayuran musiman berikut makanan artisan.

Rencananya, supermarket vegan dari Jerman yaitu Veganz akan membuka cabang di Portland tahun 2017. Tersedia lebih dari 4.500 produk bebas daging di sini.

3. Chiang Mai
Kota di utara Thailand ini tak hanya lekat dengan budaya tetapi juga ramah vegetarian. Terbukti dari adanya Pun Pun yaitu pusat penyimpanan benih yang memiliki kebun organik kecil. Ada dua restoran di sini yang sediakan makanan lokal versi vegetarian. Beberapa restoran yang patut dicoba adalah Salsa Kitchen dengan sajian quesadilla ubi. Juga Bamboo Bee Vegetarian Restaurant dengan ragam pilihan menu vegetarian sehat dalam porsi besar.

4. Berlin


Para vegetarian tak perlu khawatir memikirkan makanan di sini. Pasalnya Berlin telah meraih The New Vegetarian Capital di Saveur's Good Taste Awards 2015. Ada banyak restoran yang menawarkan sajian vegetarian. Diantaranya Cookie Cream's dengan menu andalan dumpling keju parmesan dan Vego Foodworld dengan menu vegetarian cepat saji.

5. Ho Chi Minh City
Siapa sangka kota di Vietnam ini jadi salah satu kota ramah vegetarian. Ini karena 85% penduduknya beragama Budha. Dalam salah satu ritual keagamaan mereka ada tanggal-tanggal dimana semua penganut Budha tidak makan daging. Sebanyak 83% restoran vegetarian di sana mendapat bintang 4-5. Beberapa yang bisa dicoba adalah Com Chay Mani dan Bong Sung.

(adr/odi)