Netizen Malaysia Protes Resep Nasi Hainan Pakai Jeruk Nipis dan Madu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 10 Okt 2018 17:10 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kreasi nasi hainan seorang chef Inggris diprotes keras netizen Malaysia. Mereka menilai ada dua bahan yang janggal.

Sebuah resep yang diterbitkan di The Guardian mendapat banyak sorotan. Adalah pemenang Celebrity Masterchef Inggris, Lisa Faulkner yang membagikan resep nasi hainan. Lisa mengklaim sajian populer di Malaysia itu adalah makanan favoritnya.

Dikutip dari World of Buzz (10/10), untuk membuat nasi Hainan Lisa menggunakan salad bawang, cabe merah, jeruk nipis dan madu sebagai bumbunya. Ada juga fillet dada ayam, beras Jasmine dan pasta Hainan yang dipakai.

Netizen Malaysia Protes Resep Nasi Hainan Pakai Jeruk Nipis dan MaduResep Nasi Hainan Lisa Faulkner Foto: The Guardian

Resep Lisa mengharuskan salad bawang, cabe merah, jeruk nipis dan madu dicampur jadi satu. Racikan saus ini lalu ditetesi di atas ayam yang sudah dimasak.

Baca Juga: Siapa Mau Coba Habiskan Nasi Hainan Jumbo Seberat 3 Kg?

Tak butuh waktu lama, resep Lisa jadi viral dan mendapat banyak tanggapan netizen Malaysia dan Singapura. Ada yang menyebut resep buatannya sangat tidak sensitif secara budaya, terutama karena ada pemakaian bahan yang janggal yaitu jeruk nipis dan madu.

Komentar yang muncul salah satunya, "Resep nasi Hainan Anda sangat tidak akurat, dan merupakan bencana budaya. Anda harusnya cukup malu pada diri Anda sendiri. Tolong bantu diri Anda dan lakukan cukup riset sebelum membuat sesuatu."

Netizen Malaysia Protes Resep Nasi Hainan Pakai Jeruk Nipis dan MaduProtes Netizen Soal Nasi Hainan Lisa Faulkner Foto: Facebook

Ada juga yang menulis, "Anda sebaiknya minta maaf menyebut sajian ini nasi Hainan. Ini tidak mirip. Jika ini hanya ayam dan nasi, semua orang bisa membuatnya." Yang lain menanyakan asal usul resep ini dan meragukan apakah Lisa pernah makan nasi Hainan gaya Malaysia.

Sebelum nasi Hainan, netizen Malaysia juga dibuat geram soal juri Masterchef Inggris yang berkomentar bahwa rendang ayam harus renyah. Mereka menyayangkan pengetahuan sang juri soal makanan populer di Malaysia dan Indonesia ini.

Baca Juga: Sebut Kulit Rendang Ayam Harus Renyah, Juri MasterChef Inggris Diprotes Netizen

(adr/odi)