Di Kumamoto, Jepang Bisa Jajan Serangga Lewat Vending Machine

Devi Setya - detikFood Rabu, 10 Okt 2018 15:20 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Banyak jenis serangga yang mengandung tinggi protein, jadi tak heran ini dijadikan camilan. Di Jepang serangga bahkan dijual dalam mesin otomatis.

Meskipun serangga sudah banyak diolah jadi makanan tapi nyatanya banyak orang masih enggan menyantapnya. Di Jepang, sebelumnya orang harus pergi ke toko khusus jika ingin menikmati olahan serangga. Tapi kini sudah lebih pratis.
Di Kumamoto, Jepang Bisa Jajan Serangga Lewat Vending Machine Foto : twitter @kajioshinji3223
Baca juga : 7 Serangga Ini Akan Jadi Primadona Makanan di Masa Depan

Dikabarkan Sora News24 (9/10) olahan serangga yang tinggi protein ini mulai bisa dibeli lewat mesin penjual otomatis. Seorang pengguna twitter @kajioshinji3223 membagikan kabar jika ia menemukan vending machine yang menjual makanan eksotis berbahan serangga.

Mesin ini berada di Kokai Shopping District di Kumamoto. Mesin otomatis penjual serangga ini bukan hanya yang pertama di Jepang tapi juga di dunia.

Bagian luar mesin diberi dekorasi gambar beberapa serangga seperti kepik, tawon dan kumbang. Di mesin ini juga tertulis "Entomophagy" yang artinya memakan serangga. Pada bagian samping mesin juga terdapat spanduk dengan tulisan "vending machine entomophagy pertama di dunia."
Di Kumamoto, Jepang Bisa Jajan Serangga Lewat Vending Machine Foto: twitter

Sebenarnya klaim ini tidak sepenuhnya benar karena mesin penjual serangga sebelumnya juga ada di Houston, Kanada dan Arizona. Namun ini benar menjadi mesin penjual serangga pertama di Jepang.

Pada mesin ini terdapat 30 tombol pilihan untuk olahan serangga yang bisa dipilih sesuai selera. Tapi ternyata tanggapan netizen sangat beragam dan banyak yang menanyakan tentang serangga sebagai makanan.

"Serangga bisa dimakan?"
"Apa ini benar-benar ada?"
"Saya bisa makan belalang rebus tapi kalau larva lebah agak terlalu banyak untuk saya."
"Mereka semua itu biasanya jadi umpan ikan."
"Hantu-hantu serangga itu nantinya akan menghantui Anda."
Di Kumamoto, Jepang Bisa Jajan Serangga Lewat Vending Machine Foto: Istock
Baca juga : Populer Sebagai Sumber Protein Baru, Permintaan Serangga Terus Meningkat

Mesin penjual otomatis ini tampaknya akan segera beroperasi namun belum diketahui waktu tepatnya. Mungkin dalam waktu dekat orang Jepang akan memilih serangga sebagai camilan yang dinikmati sambil berjalan-jalan. (dvs/odi)