Tinggal Kenangan, Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo Akan Segera Pindah

Devi Setya - detikFood Jumat, 05 Okt 2018 11:09 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pasar ikan Tsukiji rencananya akan dipindahkan ke tempat yang lebih luas dan modern. Keseruan berburu ikan segar di pasar tradisional tampaknya akan jadi kenangan saja.

Dikabarkan NY Post (5/10) pasar ikan Tsukiji dijadwalkan resmi pindah pada 11 Oktober mendatang. Pasar ini akan direlokasi ke tempat yang lebih bersih dan modern, tentunya dengan sistem belanja yang juga lebih canggih. Tapi kabar ini membuat banyak orang menyayangkan keputusan ini.
Tinggal Kenangan, Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo Akan Segera PindahFoto: detikFood
Baca juga : Intip Suasana Tsukiji Fish Market, Pasar Ikan Terbesar di Dunia

Pasar Tsukiji di Tokyo bukan hanya pasar biasa yang menjajakan bahan makanan semata, pasar ini juga dijadikan destinasi wisata bagi para pelancong yang datang ke Jepang. Selain bisa mendapatkan ikan segar, di pasar ini pengunjung juga bisa menyaksikan lelang ikan tuna serta atraksi pemotongan ikan tuna.

Pasar Tsukiji sudah beroperasi lebih dari 80 tahun dan di dalamnya ada 900 pedagang grosir yang menjual lebih dari 3.100 ton bahan pangan per hari. Seperti sayuran, buah-buahan dan komoditas utamanya yakni ikan.

Pada 15 September lalu jadi hari terakhir bagi sekelompok wisatawan dan pembeli yang ingin menyaksikan lelang ikan tuna. Dan puncaknya pada 29 September jadi hari terakhir pasar Tsukiji melakukan aktivitas jual beli. Rumor yang beredar, area pasar ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai salah satu ruang fasilitas Olimpiade 2020.
Tinggal Kenangan, Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo Akan Segera PindahFoto: (Issei Kato/Reuters)
Tidak semua pedagang dipindahkan, pasalnya para pedagang bahan baku kering seperti snack, teh dan souvenir tetap bisa membuka kiosnya di pasar ini. Selain bahan baku kering, semuanya akan dipindah ke Pasar Toyusu yang jaraknya sekitar 1,4 mil dari pasar Tsukiji.

Di hari pembukaan pertamanya pada 11 Oktober mendatang, aktivitas lelang tuna bisa langsung disaksikan di area baru ini. Namun tidak seperti di pasar Tsukiji yang semua orang bebas berlalu lalang, di pasar ini pengunjung hanya bisa menyaksikan lelang ikan dari ruangan berdinding kaca.

"Lelang tuna akan dimulai pada pukul 4:30 pagi dan berlangsung sekitar satu jam. Pengunjung yang ingin mengikuti lelang ikan tidak perlu lagi mendaftar sebelumnya. Cukup datang tepat waktu untuk melihat pemandangan indah ikan-ikan tuna segar berkualitas bagus," kata Lauren Shannon, general manager dari Arigato Japan Food Tours.
Tinggal Kenangan, Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo Akan Segera PindahFoto: (Issei Kato/Reuters)
Ada sekitar 530 pedagang ikan yang secara bertahap pindah ke pasar baru. Namun kepindahannya ini menuai pro kontra dari para pedagang ikan. "Pemerintah Tokyo kurang memperhatikan dampak perpindahan ini, mereka hanya mementingkan Olimpiade saja," kata Oyama Akihiro, salah satu penjual ikan.

Banyak vendor maupun penjual ikan yang memprediksi akan adanya masalah selama masa transisi ini. "Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit berjalan untuk menuju area pemisah antara pedagang ikan dan sayuran. Selain itu harga bahan baku juga akan meningkat karena menerapkan sistem baru dan menempaati kios yang lebih modern," kata Naoyuki Yanagihara, seorang koki.

Selain itu, lokasi pasar Yoyosu juga kurang strategis. "Hanya ada satu jalan menuju pasar Toyosu dari arah Ginza jadi pastinya akan terjadi kemacetan setiap hari. Untuk area keluar masuk barang hanya disediakan dua gerbang sementara di Tsukiji terdapat 12 pintu keluar masuk," jelas Akihro.

Pria yang merupakan generasi kedua pedagang ikan di Tsukiji ini juga menolak pemindahan pasar. "Saya tidak ingin pergi ke pasar baru karena tidak nyaman dan sulit dijangkau pelanggan. Ini akan berpengaruh pada penghasilan dan jadi masalah utama."
Tinggal Kenangan, Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo Akan Segera PindahFoto: istimewa
Baca juga : Pasar Ikan Legendaris di Tokyo, Tsukiji Akhirnya Menyerah pada Si Jago Merah

Perpindahan ini sebenarnya juga membebani para pedagang kecil di pasar Tsukiji. Karena para pedagang ini diharuskan membayar sewa untuk kios baru.

"Orang-orang yang tidak punya uang untuk pindah, kebanyakan pedagang kecil, mereka meu tak mau harus menghentikan usahanya," kata Yoshi Kurashina, seorang pemandu wisata dari Urban Adventures.


Pasar Tsukiji yang Fenomenal di Jepang Resmi Ditutup dan Direlokasi, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Lantas pasar Tsukiji yang lama akan diapakan? Kedepannya masih misteri tapi kabarnya area pasar Tsukiji yang sudah kosong ini akan diubah menjadi terminal bus untuk Olimpiade lalu diubah menjadi arena olahraga dilengkapi toko ritel.

Namun ada juga rumor bahwa pasar Tsukiji akan dikembalikan lagi pada 2015 dengan tampilan yang lebih baru. Seorang juru bicara Pasar Grosir Metropolitan Tokyo mengatakan hal ini belum menjadi keputusan. (dvs/odi)