Ayo Minum Kopi Indonesia

Ini Deretan Warkop Legendaris dari Kota 1001 Warung Kopi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 02 Okt 2018 16:00 WIB
Foto: detikfood Foto: detikfood
Bangka Belitung - Budaya ngopi begitu lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Belitung. Dari nongkrong hingga cari kerja. Berikut 5 kedai kopi legendaris di Bangka Belitung.

Kota Manggar, di Belitung Timur dikenal dengan sebutan kota '1001 Warung Kopi'. Ribuan warung kopi, hingga kedai kopi sederhana selalu menjadi tempat berkumpul dan bersantai warga Belitung.

Cara penyeduhan kopi masih dilakukan dengan cara tradisional, yaitu kopi bubuk Badau, robusta, atau arabika, diseduh dengan air mendidih dari kompor tradisional berbahan arang.

Setelah dicampur, kemudian kopi diaduk hingga rata kemudian disaring menggunakan saringan khusus. Beberapa kedai kopi menambahkan bubuk cokelat, agar cita rasanya semakin enak dan sedikit gula.

Berikut 5 kedai kopi legendaris yang paling laris di Bangka Belitung.

Baca Juga: Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di Pontianak


1. Warung Kopi Kong Djie

Ini Deretan Warkop Legendaris dari Kota 1001 Warung Kopi Foto: TripAdvisor
Sudah ada sejak tahun 1943, kedai kopi sederhana ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Bangunan dan interior masih dipertahankan sejak dulu, sehingga terkesan oldies dan autentik. Di sini tersedia kopi hitam atau kopi susu.

Berbagai menu makanan ringan juga tersedia, mulai dari aneka gorengan, donat, hingga nasi gemuk tersedia di sini. Pengunjung bisa memilih ngopi di depan warung, atau duduk di bangku kayu sederhana.

Kong Djie Siburik
Jl. Siburik, Tanjung Pandan.
Bangka Belitung.
Jam Buka: 06.00 - 00.00.


2. Warung Kopi Ake

Ini Deretan Warkop Legendaris dari Kota 1001 Warung Kopi Foto: TripAdvisor
Tak lengkap berkunjung ke Bangka Belitung tanpa mengunjungi Warung Kopi Ake, yang paling legendaris dan terkenal di sana. Sudah berdiri sejak tahun 1922, Warung Kopi Ake selalu menggunakan biji kopi robusta dari Lampung.

Untuk masalah menu, kopi yang ditawarkan hampir sama dengan warung kopi lainnya. Yaitu ada kopi hitam, kopi susu, dan teh susu yang tak kalah enak. Tersedia juga aneka camilan, dan kue basah sebagai teman ngopi.

Warung Kopi Ake
Jl. Veteran No.47, Tanjung Pandan.
Bangka Belitung.
Jam Buka: 07.00 - 00.00.


3. Warung Kopi Atet

Ini Deretan Warkop Legendaris dari Kota 1001 Warung Kopi Foto: TripAdvisor
Hanya ada meja dan kursi kayu sederhana yang menghiasi kedai kopi ini, tapi pelangganya tidak hanya berasal dari Bangka Belitung saja, tapi juga turis asing.

Kedai kopi ini sudah ada sejak tahun 1949, dan sudah diteruskan selama tiga generasi. Kedai ini tidak hanya jadi tempat ngopi semata, tapi tempat membicarakan pekerjaan, bisnis, hingga mengobrol. Untuk menu kopi, ada kopi O yang terbuat dari kopi tubruk hitam dengan sedikit gula, dan kopi susu. Tersedia juga gula untuk penderita diabetes.

Warung Kopi Atet
Jl. Sudirman, Lipat Kajang.
Bangka Belitung.
Jam Buka: 04.00 - 15.000


4. Warung Kopi Milenium
Ini Deretan Warkop Legendaris dari Kota 1001 Warung Kopi Foto: Istimewa
Memang warung kopi ini tidak sejadul kedai kopi lainnya, tapi warkop milenium selalu dipadati pengunjung. Buka dari jam 8 pagi, hingga jam 2 pagi. Warkop ini berhasil menjual lebih dari seribu cangkir kopi setiap harinya.

Menu andalan di sini ada Kopi O, terdiri dari pilihan kopi hitam atau kopi susu. Untuk makanan pelengkap ada singkong, pisang goreng, hingga roti bakar. Kisaran harganya mulai dari Rp. 6.000,- saja.

Warung Kopi Milenium.
Jl. Bioskop Surya No.106.
Manggar, Bangka Belitung.
Jam Buka: 08.00 - 02.00.


5. Warung Tung Tau

Ini Deretan Warkop Legendaris dari Kota 1001 Warung Kopi Foto: TripAdvisor
Sudah buka sejak tahun 1938, kedai kopi yang satu ini masuk ke dalam tempat ngopi legendaris di Bangka Belitung. Selain racikan kopi yang tak pernah berubah, orang Bangka Belitung menyebutnya sebagai kedai roti panggang tertua.

Warung Tung Tau buka selama 24 jam, sehingga memudahkan setiap orang untuk ngopi, atau sekedar makan roti panggang yang legit manis. Biasanya kopi disantap dengan telur kocok setengah matang yang masih hangat.

Warung Tung Tau
Jl. Muhidin No.87, Sungailiat.
Bangka Belitung.
Jam Buka: 24 Jam.

Baca Juga: Kalau Mau Ngopi dan Sarapan Enak, Mampir Saja ke 5 Kedai Kopi Legendaris Ini

(sob/odi)