Ayo Minum Kopi Indonesia

Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di Pontianak

Sonia Basoni - detikFood Senin, 01 Okt 2018 14:00 WIB
Foto: Biro Pers Setpres Foto: Biro Pers Setpres
Jakarta - Pontianak punya budaya ngopi yang unik. Berbagai kedai kopi legendaris bermunculan, dari atraksi kopi keren hingga tempat ngopi Presiden Jokowi. Ngopi yuk!

Berkunjung ke Pontianak, Anda akan menemukan kedai kopi sederhana di setiap sudut jalan. Barisan bangku plastik, hingga antrean panjang menjadi suasana yang akrab di setiap kedai kopi. Orang Pontianak sendiri, lebih suka menghabiskan waktu bersantai dan ngobrol di kedai kopi. Dibandingkan ke kafe atau coffee shop kekinian.

Kebanyakan kedai kopi di Pontianak meracik kopi hanya dengan bubuk kopi dan gula. Diseduh menggunakan ceret khusus, lalu setelah itu disaring menggunakan saringan unik berbentuk panjang. Kemudian kopi disajikan dalam cangkir kecil tebal, untuk menahan rasa panas selama berjam-jam.

Nah, 6 kedai kopi legendaris di Pontianak ini selalu ramai dengan pengunjung. Bahkan Presiden Jokowi saja, pernah ngopi di Pontianak.

Baca Juga: 7 Kedai Kopi Legendaris di Indonesia Ini Patut Disambangi


1. Warung Kopi Asiang

Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di PontianakFoto: Instagram @gdsco
Warung Kopi Asiang merupakan salah satu kedai kopi paling terkenal di Pontianak. Kopi di sini memiliki sebutan 'kopi keringat' atau 'kopi telanjang' karena diracik oleh sang pemilik kedai, yang telanjang dada.

Pria yang akrab disebut sebagai Engkoh Asiang ini, selalu meracik kopi sederhananya yang diminati banyak orang. Tanpa senyum, dan tanpa banyak bicara, ratusan gelas kopi berhasil ia sajikan untuk pengunjung setia.

Menu yang ditawarkan di sini ada kopi hitam dan kopi susu, dengan pelengkap kue dan telur. Kedai kopi Asiang ini populer di kalangan pejabat, hingga jadi destinasi kuliner favorit di Pontianak.

Warung Kopi ASIANG
Jl. Merapi, Benua Melayu Darat.
Pontianak Selatan, Kalimantan Barat.
Telp: 0813-1718-1918
Jam Buka: 03.00 - 17.00


2. Warung Kopi Winny
Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di PontianakFoto: TripAdvisor
Salah satu pusatnya tempat nongkrong di kota Pontianak, kedai kopi Winny tidak pernah sepi dari pengunjung. Tidak hanya orang Pontianak saja yang datang, tapi banyak wisatawan yang tertarik untuk mencicipi racikan kopi di sini.

Selain mantapnya racikan kopi tradisional khas Pontianak, salah satu menu andalan lainnya ada pisang goreng dengan selai yang khas. Paling terkenal menu Pisang Goreng Kuah Srikaya yang manis legit.

Warung Kopi Winny
Jl. Gajahmada No.159, Benua Melayu Darat.
Pontianak Selatan, Kalimantan Barat.
Jam Buka: 06.00 - 02.000.


3. Kopi Aming

Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di PontianakFoto: Biro Pers Setpres
Akhir tahun lalu, Presiden Jokowi bertandang ke kota Pontianak. Disela-sela sibuknya agenda, Jokowi sempat mampir ke kedai kopi Aming. Di sana ia memesan kopi susu seharga Rp. 9.000,- saja.

Selain kopi susu, Jokowi juga sempat mencicipi roti srikaya panggang, yang ia puji kelezatan rasanya. Di Pontianak, kedai kopi Aming memang masuk ke dalam jajaran warung kopi populer. Kopi Aming sudah buka sejak tahun 1970, dan kini menjual bubuk kopi olahan mereka.

Saking terkenalnya, Kedai Kopi Aming sampai buka gerai cabang di Jakarta.

Aming Coffee
Jl. Haji Abbas 1 No.157, Benua Melayu Darat.
Pontianak Selatan, Kalimantan Barat.
Telp: 0812-5609-230
Jam Buka: 06.00 - 23.00.


4. Warung Kopi Suka Hati

Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di PontianakFoto: Instagram Tukangjajan
Kedai kopi yang satu ini sudah berdiri lebih dari 76 tahun, dan tidak pernah kehilanggan pelanggan setianya. Racikan kopi yang khas, biasanya disajikan dengan pisang goreng, roti selai srikaya, hingga talas goreng yang juga dilumuri selai manis srikaya.

Rasa kopi juga tidak pernah berubah, sang mepilik Yo Kui, selalu menyajikan kopi murni tanpa capuran apapun. Agar rasanya terjaga, Yo Kui selalu memilih kopi kering, bukan kopi lembab dan basah. Untuk pisang goreng, pisang yang digunakan juga pisang Nipah. Pisang ini hanya ada di wilayah Sungai Duri, yang tak jauh dari Pontianak.

Warung Kopi Suka Hati
Sekip Darat Jl. Tanjung Pura No.17, Benua Melayu Laut.
Pontianak Barat, Kalimantan Barat.
Telp: (0561) 735583
Jam Buka: 5.30 - 17.00


5. Warung Kopi Utama Rasa

Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di PontianakFoto: Dok. Simbok Venus
Kalau mau sarapan dengan secangkir kopi susu dan pisang goreng enak, mampir saja ke Warung Kopi Utama Rasa. Paling terkenal menu kopi susu dengan pisang goreng sanggau kapuas, yang diolesi selai srikaya.

Lalu harganya juga terbilang murah, dan sudah buka dari pagi. Tidak heran kedai kopi yang satu ini selalu ramai pengunjug, terutama di pagi hari dan akhir pekan.

Warung Kopi Utama Rasa
Jalan Hijas No. 193, Pontianak.
Jam Buka: 05.30 - 17.00


6. Kafe Corner

Kopi 'Telanjang' hingga kopi Jokowi, Ini Kedai Kopi Legendaris di PontianakFoto: Foursquare
Terletak di kawasan Gajahmada, deretan warung kopi akan langsung menyambut Anda. Selain Warung Kopi Winny, Kafe Corner selalu ramai dipenuhi pengunjung. Terutama ketika ada pertandingan bola, atau acara nobar lainnya.

Dibuka sejak 15 tahun lalu, warung kopi ini dilengkapi wifi dan racikan kopi yang masih menggunakan cara tradisional. Agar rasa kopi tetap enak, sang pemilik menggunakan tempat yang terbuat dari tembaga asal Hainam.

Cafe Corner
Jl. Gajah Mada No.38, Benua Melayu Darat.
Telp: 0856-5238-3811
Jam Buka: 07.00 - 00.00

Baca Juga: 6 Kedai Kopi Legendaris hingga Kekinian di Aceh Ini Sajikan Kopi Enak (sob/odi)