Ayo Minum Kopi Indonesia

Menikmati Kopi Asli Banyumas Sambil Berdonasi untuk Korban Gempa dan Tsunami Palu

Arbi Anugrah - detikFood Selasa, 02 Okt 2018 09:10 WIB
Foto: Arbi Anugrah​/detikcom Foto: Arbi Anugrah​/detikcom
Banyumas - Bukan hanya punya rasa unik, kopi Banyumas bisa menyatukan warga. Bersama-sama mengumpulkan dana untuk korban gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.

Peringatan Hari Kopi Internasional dilakukan dengan tujuan sosial oleh warga Banyumas dan sekitarnya. Melalui kopi, para pegiat kopi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menggalang dana untuk membantu para korban gempa dan tsunami Sulteng.

"Sebenarnya ini kegiatan rutin untuk yatim piatu terus memang karena ada bencana di Palu, kita masukkan donasi untuk membantu saudara kita yang ada di Palu dan Donggala," kata salah satu pegiat kopi Banyumas, Hari Lolana kepada detikcom, (1/10/2018).
Menikmati Kopi Asli Banyumas Sambil Berdonasi untuk Korban Gempa dan Tsunami PaluFoto: Arbi Anugrah/detikcom
Baca juga : Mengenal 5 Biji Kopi Terbaik di Indonesia Dari Berbagai Wilayah

Kegiatan kemanusiaan yang dilakukan di alun-alun Kota Purwokerto ini juga dihadiri oleh para pegiat kopi dari berbagai kalangan. Mlai dari petani kopi, pemilik kedai kopi, prosesor kopi hingga para penikmat kopi. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang kopi yang ada di Banyumas Raya khususnya di Kabupaten Banyumas.


"Bentuk acara ini lebih ke edukasi kalau kopi lokal itu ada, dan kita lebih mengangkat kopi lokal untuk robusta seperti kopi Baturaden, Purbalingga, dan Langgongsari. Untuk arabicanya yang ada ketinggian kita hadirkan dari Kalibening, Banjarnegara, lalu Batursari Kaligua di Brebes dan Kopi Gunung Malang di Purbalingga. Kita ingin angkat yang lokal dulu," ujarnya.
Menikmati Kopi Asli Banyumas Sambil Berdonasi untuk Korban Gempa dan Tsunami PaluFoto: Arbi Anugrah/detikcom
Dia mengatakan, sebanyak 500 cup kopi disediakan dalam kegiatan kemanusiaan ini. Masyarakat bisa menikmati kopi gratis sambil mereka berdonasi untuk korban bencana gempa dan tsunami.

"Lebih kepada (penilaian) kopi ini berharga, bukan masalah ngomong free nya, tapi sama-sama saling bersinergi di saat kita mengajak saling berbagi. Dengan media kopi ini kita bersinergi berbagi saling membantu sesama," jelasnya.

Baca juga : Ini 5 Perbedaan Kopi Arabika dan Robusta, Suka yang Mana?
Menikmati Kopi Asli Banyumas Sambil Berdonasi untuk Korban Gempa dan Tsunami PaluFoto: Arbi Anugrah/detikcom
Selain penikmat kopi yang ada di alun-alun Kota Purwokerto datang ke gerai kopi. Para pegiat kopi Banyumas juga mendatangi langsung masyarakat yang tengah bersantai di alun alun untuk dapat menikmati kopi dan berdonasi.

"Salah satunya karena cinta Banyumas, kopi ini masih murni dan tidak pakai gula, setidaknya berusaha hidup sehat. Selain itu untuk memajukan kopi Banyumas lebih maju dan terkenal lagi. Mudah mudahan, dengan kegiatan ini semua bisa berbagi dengan sesama untuk Palu dan Donggala," kata salah satu pencinta kopi Banyumas, Hani Nurhikmah.




Tonton juga 'Hari Kopi Sedunia, Apa Kata Mereka Soal Kopi?':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)