Ini Rahasia Bikin Sop Buntut Enak Seperti Buatan Aruna

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Minggu, 30 Sep 2018 09:56 WIB
Foto: iStock/dok.detikFood Foto: iStock/dok.detikFood
Jakarta - Bikin sop buntut terlihat mudah. Tak sekedar merebus buntut sapi tapi ada beberapa trik agar buntut sapi seenak bikinan restoran.

Adegan pembuka film 'Aruna & Lidahnya' yang menampilkan sepanci sop buntut bikin ngiler. Seperti keyakinan Aruna bahwa memasak merupakan proses, membuat sop buntut yang enak juga ada triknya. Sop buntut buatan Anda tak segurih dan sewangi bikinan restoran?

Daripada ngiler dan mengeluarkan budget lebih besar untuk makan di restoran, coba saja bikin sendiri. Membuat sop buntut gampang, asalkan Anda perhatikan beberapa hal ini.

Baca juga: Sup Buntut

Ini Rahasia Bikin Sop Buntut Enak Seperti Buatan ArunaFoto: detikfood

1. Buntut sapi
Buntut sapi ukuran selalu tak sama besar mengikuti bentuk ekor sapi. Pangkalnya besar dengan tulang lebih banyak, kemudian bagian tengah berdaging dan ujungnya hanya tulang saja. Kalau membeli di pasar swalayan pilih buntut bagian tengah yang ukurannya sama dan cukup berdaging.Pilih yang tak terlalu tebal lemaknya. Jika lemaknya tebal, bisa dipotong atau dikikis sebelum direbus.

Ini Rahasia Bikin Sop Buntut Enak Seperti Buatan ArunaFoto: detikfood

2. Merebus buntut
Pertama didihkan air secukupnya dalam panci besar dengan api sedang. Pastikan air cukup banyak merendam buntut. Setelah mendidih, masukkan potongan buntut sapi dan kecilkan api. Setelah mendidih, buang air perebusnya dan ganti dengan air panas hingga merendam buntut. Rebus dengan api kecil hingga buih halus keluar dari kaldu. Angkat buih ini hingga kaldu bening. Lanjutkan merebus tetap dengan api kecil

Ini Rahasia Bikin Sop Buntut Enak Seperti Buatan ArunaFoto: detikfood

3. Tiga jenis bawang
Untuk membuat aroma sop buntut menjadi harum, siapkan bawang bombay yang diiris kasar, bawang putih yang dimemarkan dan daun bawang yang diiris kasar. Panaskan mentega (bukan margarin) secukupnya lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga wangi dan layu.

Angkat lalu masukkan ke dalam rebusan buntut berikut menteganya. Jangan terlalu banyak memakai mentega karena akan membuat sop jadi berminyak. Sisihkan daun bawang untuk dimasukkan terakhir saat sop sudah matang.

4. Bumbu
Setelah daging buntut hampir empuk, bumbui dengan garam, merica bubuk dan pala bubuk. Jika bisa gunakan biji pala yang diparut saat akan dimasukkan ke dalam sop agar aromanya lebih wangi. Beberapa orang menambahkan cengkih, jika tak suka aroma cengkih, tak perlu dipakai. Rebus dengan api kecil hingga bumbu meresap.

Ini Rahasia Bikin Sop Buntut Enak Seperti Buatan ArunaFoto: iStock

5. Sayuran
Isian sop buntut bisa ditambahkan sayuran. Seperti wortel, kentang, dan tomat. Untuk wortel dan kentang bisa dimasukkan setelah daging buntut lunak dan rebus hingga lunak. Untuk tomat dan daun bawang, masukkan saat semuanya sudah matang agar tomat tak terlalu lonyot dan tetap renyah saat dimakan.

Ini Rahasia Bikin Sop Buntut Enak Seperti Buatan ArunaFoto: detikfood

6. Daging buntut yang empuk
Bagaimana cara mengecek daging buntut lunak? Seperti yang dikatakan Aruna, dagingnya nyaris lepas dari tulangnya dan jika dipotong dengan sendok terasa lunak. Untuk variasi, bisa saja bunut digoreng atau dibakar dan kaldu dan sayurannya disajikan terpisah. Jangan lupa selalu sajikan panas dengan taburan bawang merah goreng, air jeruk nipis dan sambal rawit. (odi/odi)