Keren! Troli Ini Bisa Ukur Tingkat Stres Pengunjung Supermarket

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Sep 2018 18:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Supermarket ini perkenalkan teknologi canggih yang bikin pengunjung nyaman belanja. Trolinya bisa mendeteksi tingkat stres!

Jaringan supermarket besar di Amerika Serikat, Walmart baru saja mematenkan temuannya berupa troli canggih. Troli ini mampu mengukur tingkat stress pengunjung sekaligus mengabarkan pegawai saat pengunjung ketakutan.

Teknologi tersebut terletak pada pegangan troli. Nantinya akan ada data yang didapat pihak supermarket berupa detak jantung, suhu serta seberapa kuat seorang pengunjung memegang troli.

Keren! Troli Ini Bisa Ukur Tingkat Stres Pengunjung SupermarketFoto: Walmart

Baca Juga: Wuih! Troli Supermarket Makin Canggih dengan Kalkulator hingga Charger HP

Dikutip dari Business Insider (28/9), analisis data ini bisa digunakan untuk memahami tingkat stres pengunjung atau saat pengunjung membutuhkan bantuan. Saat pengunjung merasa stres atau kesulitan, troli akan mengirim sinyal ke pegawai supermarket sehingga mereka bisa langsung menyambangi pengunjung tersebut.

Dalam beberapa situasi, seperti keadaan darurat medis, troli bahkan bisa mendorong tindakan yang lebih ekstrem seperti memberitahukan keadaan pengunjung lewat jaringan interkom toko. Ada juga tren perilaku yang mungkin dinilai dari penerapan teknologi ini seperti menilai suka atau tidaknya pengunjung dengan lagu yang sedang diputar.

Keren! Troli Ini Bisa Ukur Tingkat Stres Pengunjung SupermarketFoto: iStock

Pihak supermarket mengklarifikasi data yang didapat tidak akan dikaitkan dengan identitas tiap pengunjung. Namun bagi sebagian pengunjung, teknologi canggih ini terlihat menyeramkan.

Adapun troli ini merupakan bagian dari usaha Walmart untuk bersaing dengan Amazon. Walmart mulai beralih ke robot dan teknologi terbaru seperti ini.

Seperti diketahui, 50 gerai Walmart di seluruh Amerika Serikat kini menggunakan robot otonom. Robot ini bertugas memindai barang yang habis, mengoreksi harga hingga label yang salah.

Baca Juga: Supermarket Ini Mendadak Viral Setelah Pegawainya Kepergok Bawa Daging Pakai Troli Belanja

(adr/odi)