Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Mayonnaise dan Aioli

Riska Fitria - detikFood Jumat, 28 Sep 2018 17:00 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Mayonnaise dan aioli sama-sama dipakai sebagai saus yang membuat rasa makanan lebih enak. Namun keduanya sangatlah berbeda.

Sekilas tampilan mayonnaise dan aioli tak ada beda. Tetapi jika dilihat dari komposisinya, mayonnaise dan aioli terbuat dari bahan yang berbeda.

Mayonnaise dibuat dari minyak canola atau minyak sayur. Sedangkan aioli menggunakan minyak zaitun. Secara tampilan mungkin terlihat sama. Oleh sebab itu banyak restoran yang mengganti mayonnaise dengan mengguanakan aioli pada sajian hidangannya.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Mayonnaise dan AioliFoto: iStock

Baca juga : Mayonnaise Bisa Bikin 10 Makanan Ini Jadi Makin Gurih Enak

Soal rasa, keduanya pun berbeda. Rasa mayonnaise jauh lebih ringan daripada aioli yang lebih kaya rasa. Aioli dibuat dengan campuran bawang putih didalamnya. Sedangkan mayonnaise dibuat dengan campuran kuning telur sebagai emulsi.

Penjelasannya, mayonnaise yang dibumbui bawang putih secara teknis bisa disebut aioli, tetapi tidak semua aioli bisa dikatakan mayonnaise. Dilansir dari MSN (27/09) untuk membuat aioli dibutuhkan 4 - 5 siung bawang putih, setengah sendok teh garam, 1 sendok teh perasan lemon, setengah cangkir minyak canola atau minyak zaitun tergantung pada selera.

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Beda Mayonnaise dan AioliFoto: iStock

Semua bahan tersebut dicampur dan ditumbuk sampai halus dengan menggunakan alat bernama lesung dan alu. Setelah selesai dihaluskan, awalnya aioli akan terlihat sedikit kental, tetapi pada akhirnya akan mengemulsi menjadi saus yang mengkilap dengan tekstur yang kental.

Anda bisa menggunakan aioli sebagai tambahan pada hidangan daging, kentang ataupun dilumurkan pada sajian sayur. Dengan menambahkan aioli akan membuat hidangan Anda semakin beraroma karena adanya campuran bawang putih yang kuat pada aioli.

Baca juga : Meracik Mayones yang Lezat (adr/adr)