Sebal dengan Jerawat? Coba Atasi dengan Racikan dari Bahan Dapur Ini

Devi Setya - detikFood Jumat, 28 Sep 2018 09:18 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Memang menyebalkan saat jerawat timbul di kulit wajah. Jangan langsung menggunakan dipencet, jerawat bisa diatasi dengan soda kue lho. Penasaran?

Banyak hal yang menjadi pemicu timbulnya jerawat, mulai kebersihan wajah, penggunaan kosmetik hingga karena hormon yang tak stabil. Kalau wajah sedang berjerawat, coba obati dengan cara alami, salah satunya mengandalkan soda kue.

Bukan hanya bisa membuat kue mengembang, soda kue juga bisa diandalkan untuk mengusir jerawat, menjaga kelembaban hingga mengurangi rasa sakit. Dilansir dari BoldSky (26/9) berikut racikan soda kue yang bisa dibuat untuk mengobati jerawat.

Baca juga : Jerawatan? Makan Saja Timun!

1. Soda kue dan air lemon
Punya Masalah Jerawat? Atasi dengan Racikan Soda Kue IniFoto: Istimewa
Air jeruk lemon bisa membantu mengecilkan pori-pori pada kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih. Selain itu, air perasan jeruk lemon juga membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat.

Untuk membuat racikan ini, siapkan 2 sdm soda kue dan campur bersama 1 sdt air lemon dan 2 sdm air. Aduk racikan ini lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Cara ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

2. Soda kue dan madu
Punya Masalah Jerawat? Atasi dengan Racikan Soda Kue IniFoto: Istimewa
Madu dikenal luas sebagai pelembab alami yang menjaga permukaan kulit agar tetap halus dan lembut. Madu juga memiliki manfaat menyamarkan bekas jerawat, jadi kulit tampak mulus kembali.

Racikan soda kue dan madu bisa dibuat dengan perbandingan 1:1. Campur dan aduk rata dua bahan ini lalu oleskan pada area wajah yang berjerawat. Tutup dengan handuk hangat dan diamkan selama 5 menit. Bilas hingga bersih dan aplikasikan pelembab wajah.

3. Soda kue dan cuka apel
Punya Masalah Jerawat? Atasi dengan Racikan Soda Kue IniFoto: Istimewa
Cuka apel memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan pH pada kulit dan mengecilkan pori-pori. Racikan soda kue dan cuka apel juga mudah dibuat.

Campur 1 sdm cuka apel dan 1 sdm soda kue, oleskan campuran ini pada wajah berjerawat. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini saat malam hari dan lihat hasilnya ketika pagi.

4. Soda kue dan minyak zaitun
Punya Masalah Jerawat? Atasi dengan Racikan Soda Kue IniFoto: Istimewa
Minyak zaitun memiliki banyak khasiat, salah satunya membantu membuat kulit lembut dan mengatasi peradangan. Menggunakan campuran soda kue dan minyak zaitun bisa membuat kulit bersih bebas jerawat sekaligus wajah yang lembut terawat.

Campur 1 sdm soda kue dan 1 sdm minyak zaitun, aduk hingga menjadi pasta kental. Oles perlahan pada wajah sambil dipijat selama beberapa menit. Cuci muka dengan air hangat atau dingin. Cara ini bisa diulangi setiap hari.

Baca juga : Sedang Berjerawat? Coba Minum Smoothie yang Hilangkan Jerawat Jessica Alba Ini

5. Soda kue dan oatmeal
Punya Masalah Jerawat? Atasi dengan Racikan Soda Kue IniFoto: Istimewa
Selain bisa dijadikan menu sarapan, oatmeal juga berfungsi menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Jadi cobalah gunakan campuran soda kue dan oatmeal sebagai salah satu perawatan kulit yang murah meriah.

Campurkan 1 sdm oatmeal, 1 sdm soda kue dan air secukupnya. Oleskan pada wajah seperti menggunakan masker, tunggai 15 menit sebelum dicuci dengan air dingin. Setelah bersih, pijat perlahan wajah Anda menggunakan pelembab. (dvs/odi)