Naengmyeon, Mie Dingin Khas Korut Jadi Sajian Perdamaian dengan Korsel

Riska Fitria - detikFood Kamis, 27 Sep 2018 15:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Setelah memberi hadiah jamur seberat 2 ton, kini Korea Utara menyuguhi Presiden Korea Selatan dengan kuliner lokal pada jamuan makan siang.

Hubungan antara Korea Selatan dan Korea Utara semakin membaik. Kemarin saat mereka mengadakan pertemuan puncak ketiga di Pyongyang, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in disuguhi semangkuk mie soba oleh Korea Utara.

Mie soba yang dikenal dengan sebutan naengmyeon tersebut merupakan kuliner lokal yang cara pembuatannya dengan direndam dalam kaldu dingin. Rasanya yang gurih membuat media di Korea Selatan memuji hidangan tersebut.

Naengmyeon, Mie Dingin Khas Korut Jadi Sajian Perdamaian dengan KorselFoto: Istimewa

Baca juga : Jamur Rp 19.9 Miliar Ini Dihadiahkan Kim Jong Un untuk Korea Selatan

Dilansir dari PRI (25/09), naengmyeon dianggap sabagai makanan yang membangun perdamaian diantara kedua negara tersebut. Kabarnya sejak pertemuan pertama mereka pada April lalu, Korea Utara juga menyuguhi naengmyeon. Bahkan Kim Jong Un sampai membawa mesin pembuat mie pada pertemuan yang diadakan di zona selatan demiliterisasi.

Beredarnya foto para pemimpin kedua negara tersebut sedang menikmati naengmyeon, membuat makanan itu menjadi sangat populer di Korea Utara, seperti yang dikatakan oleh Ri Sol-ju, istri dari Presiden Kim Jong Un. Bahkan, restoran mie di Korea Selatan terinspirasi untuk menghidangkan naengmyeon. Begitupun dengan restoran Korea yang berada di Amerika Serikat.

"Banyak orang yang datang ke sini karena Kim Jong Un dan Moon Jae-in makan naengmyeon" ujar Cho Eui-soon, pemilik restoran Choiga Naeng Myeon di Plisades Park, sebuah kota pinggiran di utara New Jersey yang terdapat banyak imigran Korea.

Naengmyeon, Mie Dingin Khas Korut Jadi Sajian Perdamaian dengan KorselFoto: iStock

Menurutnya, hal tersebut merupakan promosi yang bagus. Cho menjelaskan bahwa ia pernah ke Korea Selatan selama perang Korea pada awal 1950-an. Pada saat itu banyak yang membuka restoran yang khusus menyajikan hidangan mie ala Pyongyang dan Hamhung. Bedanya mie Pyongyang disajikan dalam kaldu sapi, sedangkan Hamhung mie ubi jalar dengan saus lada.

Kini mie tersebut menjadi makanan musim panas yang populer di Korea Selatan, meskipun awalnya naengmyeon disajikan pada musim dingin. Dengan begitu Cho berharap kedua negara tersebut akan bergerak menuju perdamaian.

Baca juga : Red Sun : Ada Tuna Kimbap dan Mie Kuah Dingin yang Segar Enak di Sini




Tonton juga 'Fish Cake Kenyal Gurih Asal Korea Ada di Sini':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)