Jamur Rp 19.9 Miliar Ini Dihadiahkan Kim Jong Un untuk Korea Selatan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 25 Sep 2018 10:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Seoul - Hubungan Korea Selatan dan Korea Utara semakin membaik. Kemarin pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un berikan hadiah jamur berharga fantatis untuk masyarakat Korea Selatan.

Belakangan ini banyak bermunculan kabar kedekatan antara Korea Selatan dan Korea Utara. Hal tersebut dibuktikan dengan beredarnya foto pemimpin dari kedua negara tersebut yang terlihat akrab satu sama lain.

Dikabarkan dari The Straits Times (22/09) baru-baru ini pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un memberikan hadiah kepada masyarakat Korea Selatan berupa jamur. Bukan jamur biasa, melainkan jamur yang termasuk jenis kelas atas yang hanya ditemukan di gunung Chilbosan di provinsi Hamgyong Utara.

Jamur Rp 19.9 Miliar Ini Dihadiahkan Kim Jong Un untuk Korea SelatanFoto: Istimewa

Baca juga : Intip Selera Makan Mewah Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un

Jamur tersebut digadang-gadang memiliki nilai sebesar USD 1.8 juta atau setara dengan Rp. 19.9 miliar dan beratnya mencapai 2 ton. Menurut Federasi Koperasi Kehutanan Nasional Korea Selatan, tawaran terakhir untuk jamur pinus alami kelas atas tersebut mencapai Rp. 10 juta per kg.

Jamur tersebut dikirim pada hari Kamis dan akan diberikan kepada 4.000 warga Korea Selatan yang telah dipisahkan dari keluarga mereka di Korea Utara sejak Perang Korea pada 1950 silam. Demikian informasi yang diberikan oleh juru bicara Presiden Moon Jae-in.

Jamur Rp 19.9 Miliar Ini Dihadiahkan Kim Jong Un untuk Korea SelatanFoto: Istimewa

Penerima dipilih berdasarkan usia. Bagi yang yang berusia paling tua akan menerima 500 gram. Sedangkan yang lainnya masing-masing akan menerima jamur dengan jumlah yang lebih kecil senilai Rp 5 juta.

Kabarnya jamur tersebut akan dibagikan sebelum perayaan Chuseok yang diadakan pada hari Minggu hingga Selasa ini.

Baca juga : Santapan Favorit Kim Jong Un, Daging Kobe hingga Ular Kobra




Tonton juga 'Sensasi BBQ ala Drama Korea di Chung Gi Wa':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)