Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini

Devi Setya - detikFood Selasa, 25 Sep 2018 16:23 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Pemerintah Korea sekarang lebih perhatian dengan wisatawan muslim. Buktinya semakin banyak restoran halal yang mudah ditemui di Seoul maupun pulau Jeju.

Bukan hanya sekadar embel-embel halal saja, beberapa restoran bahkan sudah memiliki sertifikat halal. Hal ini dilakukan karena lonjakan wisatawan muslim yang datang ke Korea Selatan semakin hari semakin banyak.

Dilansir dari Tripzilla (25/9) berikut 6 restoran halal yang bisa disambangi ketika berkunjung ke Seoul dan pulau Jeju.

1. Bada Punggyeong -Jeju
Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini Foto: Istimewa
Ketika berada di Jeju, Anda harus menikmati berbagai hidangan seafood yang terkenal di pulau ini. Restoran Bada Punggyeong yang berlokasi lima menit dari bandara International Jeju, resto ini menyajikan beragam hidangan seafood segar yang terkenal lezat.

Beberapa makanan andalan di resto ini antara lain Braised Mackerel yang dimasak dengan sempurna sehingga menghasilkan daging ikan yang lembut dengan bagian kulit yang renyah. Pemandangan dari resto ini juga sangat indah. Ada sisi restoran berupa jendela besar yang langsung menghadap ke laut lepas. Resto ini juga memiliki musholla yang nyaman.

Baca juga : Kota Daegu di Korea Akan Miliki Restoran Halal Khusus Hidangan Korea

2. Tammora - Jeju
Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini Foto: Istimewa
Restoran ini menawarkan makanan khas Korea dan juga jajanan tradisional Jeju. Tammora berada di dalam hotel Ramada Plaza yang terkenal mewah. Di sini Anda bisa makan bulgogi enak yang diiris tipis dan bertekstur lembut.

Selain menu bulgogi, resto ini juga menawarkan seafood segar hasil tangkapan di nelayan di Jeju. Ada sup abalone atau sea urchin alias bulu babi yang sensasional.

Resto ini menyajikan makanan halal dan non halal dengan dapur pengolahan yang terpisah. Pada beberapa momen, pengunjung harus melakukan reservasi dulu agar daging yang digunakan daging sapi halal.

3. Uribong Sikdang - Jeju
Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini Foto: Istimewa
Abalone adalah makanan yang sangat berlimpah di Pulau Jeju jadi pastikan untuk menyantapnya sebelum mengakhiri liburan. Restoran ini terletak tak jauh dari Seongsan Ilchulbong (Puncak menyaksikan matahari terbit) yang tercatat dalam UNESCO.

Para pencinta abalone dapat memanjakan lidah dengan semangkuk sup abalone yang dipadukan dengan udang dan ikan. Selain sup abalone, ada menu lain ikan panggang pedas. Jangan lewatkan juga kimchi enak yang bisa dinikmati sepuasnya.

Resto ini juga memiliki fasilitas musolla yang cukup luas dan nyaman. Sajadah hingga mukena juga sudah disiapkan bagi pengunjung muslim.

4. Restoran Makan - Seoul
Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini Foto: Istimewa
Jika Anda mencari makanan halal di Seoul, kawasan Itaewon adalah lokasi yang harus dikunjungi. Jaraknya berdekatan dengan Seoul Central Mosque, masjid raya yang jadi kebanggaan muslim Korea Selatan.

Restoran Makan ini adalah milik warga Korea asli, hidangan makanan yang disajikan adalah makanan Korea autentik. Resto ini sudah memegang sertifikat halal jadi semua makanan dijamin halal. Termasuk dakdoritang dan dakgangjeong.

Dakdoritang adalah sup ayam pedas khas Korea yang disajikan bersama sayuran rebus. Sementara dakgangjeong yakni seporsi ayam goreng manis pedas yang pasti sulit ditolak. Ada juga mie populer Jajangmyeon yang kenyal dan diolah dengan saus kacang yang manis.

5. Ose Gye Hyang - Seoul
Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini Foto: Istimewa
Bagi vegetarian, jangan khawatir tidak bisa makan enak. Di Seoul ada restoran Ose Gye Hyang yang menyajikan makanan vegetarian halal.

Meskipun berbasis nabati, tapi makanan di sini terkenal autentik dan enak. Konsep retsoran yang tradisional bikin pengunjung betah berlama-lama, apalagi pelayan di resto ini juga ramah pada tamunya.

Menu andalannya ada sweet and sour fried dumpling serta mushroom roll yang disajikan dengan saus pedas. Restoran ini juga punya sajian sup aneka jamur yang dihidangkan dalam hotpot besar.

Baca juga : Eid, Restoran dengan Menu Korea Halal di Seoul

6. OME Cooking Lab - Seoul
Kalau ke Seoul dan Pulau Jeju Bisa Makan Enak dan Halal di Sini Foto: Istimewa
Bukan hanya sekadar tempat makan, di OME Cooking Lab pengunjung bisa sekaligus belajar mengolah masakan Korea. Pengalaman kursus memasak ini akan memandu pengunjung mulai berbelanja, menyiapkan masakan hingga menyantapnya.

Sebelum memasak, semua peserta akan diajak ke pasar tradisional untuk belanja daging, ikan hingga sayuran. Bahan baku ini kemudian diolah bersama-sama. Mentor yang mengajar memastikan hanya makanan halal yang diolah di resto ini.

Setelah makanan makan, semua akan menyantap makanan bersama-sama. Total ada lima hidangan lokal yang terdiri dari sup rumput laut dengan mentimun, dakgalbi, seafood pancake hingga japchae. (dvs/odi)