Ditinggal 3 Minggu di Jendela, Telur Ini Menetaskan Anak Ayam!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 21 Sep 2018 13:27 WIB
Foto: Myriams-Fotos/Pixabay Foto: Myriams-Fotos/Pixabay
Moscow - Kejadian unik baru saja dialami pasangan ini. Saat mereka meninggalkan telur 3 minggu di ambang jendela, telur rupanya malah menetas! Seperti apa kisahnya?

Sepasang suami istri muda di Moscow, Russia jadi pemberitaan karena mengalami kejadian unik seputar telur yang dibelinya di supermarket. Adalah Irina dan Ivan yang baru-baru ini mengunggah foto anak ayam menetas dari cangkang telur di media sosialnya.

Dikutip dari Oddity Central (21/9), keduanya mengklaim telur tersebut menetas usai 3 minggu mereka tinggalkan pergi liburan di ambang jendela. Saat kembali ke rumah, mereka mendengar suara anak ayam yang ternyata berasal dari kotak telur tersebut. Irina dan Ivan bahkan mengaku melihat anak ayam berusaha keluar dari cangkang telur.

Ditinggal 3 Minggu di Jendela, Telur Ini Menetaskan Anak Ayam!Foto: Instagram zotiriska

"Kami lalu memberi tahu tetangga, kenalan dan teman-teman kami. Mereka menyiapkan kotak, menumpuk jerami, bergegas ke toko hewan dan membeli lampu khusus agar anak ayam bisa merasa hangat," kata Irina.

Baca Juga: Waduh! Saking Panasnya, Telur-telur yang Diangkut di Truk Ini Sampai Menetas?

Meski bukan menetas di kondisi yang kondusif, menurut pasangan tersebut, anak-anak ayam bisa bertahan hidup sejak pertama kali mereka melihatnya menetas. Baik Irina dan Ivan belum memutuskan apakah akan memelihara anak ayam tersebut atau tidak.

Banyak orang merasa kejadian ini adalah sebuah keajaiban yang bikin heran, namun banyak pula yang menganggap berita ini palsu. Igor Mikheyenkov, pemilik bisnis kemasan telur yang memproduksi karton telur dalam foto Irina angkat bicara.

Ditinggal 3 Minggu di Jendela, Telur Ini Menetaskan Anak Ayam!Foto: Instagram zotiriska

Menurut Mikheyenkov, telur-telur yang dikemasnya berasal dari pabrik yang tidak memproduksi telur yang dibuahi. Ayam betina dan ayam jantan ditempatkan terpisah sehingga tidak mungkin telur dibuahi dan akhirnya menetas seperti yang diklaim Irina.

Mikheyenkov juga menambahkan telur disimpan di lemari es saat didistribusikan ke toko atau supermarket sehingga tidak mungkin embrio berkembang. "Ini tidak masuk akal," ujar Mikheyenkov.

Andrei Ovchinnikov, peternak ayam di dekat Moscow juga sulit mempercayai cerita Irina. Menurutnya, untuk menetaskan anak ayam telur memerlukan kondisi inkubasi yang sangat spesifik. Diantaranya temperatur konstan 36-38 derajat Celsius hingga kelembaban sekitar 60-70 persen.

Ditinggal 3 Minggu di Jendela, Telur Ini Menetaskan Anak Ayam!Foto: Instagram zotiriska

Selain itu, telur juga harus diputar beberapa kali sehari untuk mencegah kekeringan yang bisa mengakibatkan kulit telur menempel pada anak ayam. Ovchinnikov mengatakan tidak mungkin telur-telur tesebut mendapat kondisi spesifik seperti yang dijelaskannya di apartemen Irina dan Ivan.

Namun penjelasan tersebut rupanya tak menghentikan media-media di Russia untuk mengunjungi tempat tinggal dan Irina dan Ivan. Mereka berlomba-lomba menceritakan kejadian yang dianggap mukjizat ini.

Baca Juga: Jual Telur Ayam, Bocah 8 Tahun Ini Sukses Jadi Jutawan

(adr/odi)