Komunitas Kuliner

Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota

Devi Setya - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 14:58 WIB
Foto: Instagram
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner
Jakarta - Kebanyakan komunitas kuliner yang ada saat ini terbentuk karena kesamaan hobi yakni makan. Beberapa komunitas tak bisa dianggap remeh karena pengikutnya sudah ribuan.

Komunitas-komunitas ini bukan hanya sekedar tempat kumpul berbagi informasi lewat jaringan media sosial, kadang mereka juga kopi darat sambil kulineran. Di Indonesia ada beberapa komunitas kuliner yang eksis dan memiliki banyak anggota dan pengikut.

1. Natural Cooking Club (NCC)
Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota Foto: Instagram
Komunitas yang digawangi Fatmah Bahalwan dan teman-temannya ini sukses mengumpulkan orang-orang pecinta kuliner. Berawal dari komunikasi elektronik via milis, kini NCC bertransformasi menjadi wadah kursus membuat makanan.

Sistem kekeluargaan membuat komunitas ini terus berkembang pesat. Di instagram resminya, komunitas kuliner ini sudah diikuti lebih dari 24 ribu followers.

Baca juga : 5 Komunitas Ini Berisi Orang-orang Penyuka Bakso hingga Jengkol

2. Jangkrik Kuliner
Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota Foto: Instagram
Awalnya komunitas ini terbentuk secara tidak sengaja. Kumpulan 14 orang suka makan akhirnya mencetuskan membuat komunitas ini via media sosial instagram.

Terbentuk pada September 2017, komunitas ini berkembang sangat pesat. Awal kegiatan mereka adalah mencicip kuliner yang ada di sekitaran Jabodetabek. Hingga kini, akun instagram komunitas Jangkrik Kuliner sudah diikuti 16 ribu followers.

3. Indonesian Food Blogger (IDFB)
Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota Foto: Instagram
Ini adalah komunitas yang isinya kumpulan blogger yang suka makan dan masak. Dalam komunitas ini seluruh anggotanya bisa dipastikan suka makan.

Beberapa kegiatan juga sering dilakukan seperti review restoran bareng ataupun sekadar kopi darat sambil ngopi cantik. Sekarang IDFB kadang menjadi komunitas komersial yang para anggotanya bisa memperoleh uang tambahan saat melakukan review. Followers di instagram komunitas ini sudah lebih dari 5.000 orang dan lebih banyak lagi di Facebook.

4. Negeri Rempah
Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota Foto: Instagram
Berawal dari komunitas orang-orang yang peduli rempah Indonesia, kini Negeri Rempah sudah menjadi yayasan yang semakin memperjuangkan rempah Nusantara. Sesuai dengan namanya, komunitas yang digagas Kumoratih Kushardjanto ini memang berfokus pada rempah dan makanan kuliner lokal.

Beberapa kegiatan kerap dilakukan mulai dari kumpul untuk diskusi hingga traveling ke daerah penghasil rempah di Indonesia. Tertarik bergabung? Intip saja laman instagramnya @negerirempah.

Baca juga : Rayakan 13 Tahun, Komunitas Jalansutra Gelar 'Urban Food Movement'

5. Jalansutra
Keren! 5 Komunitas Kuliner Ini Punya Ribuan Anggota Foto: Instagram
Komunitas Jalansutra terbentuk sejak 2003 dan diprakarsai pakar kuliner mendiang Bondan Winarno. Selain sebagai komunitas, Jalansutra juga merupakan penerbit buku yang beberapa bukunya adalah hasil karya Bondan Winarno.

Berbagai cerita kuliner Nusantara dituliskan Bondan dalam buku-bukunya. Beberapa diantaranya 100 Maknyus Jakarta, 100 Maknyus Bali dan 100 Maknyus Joglo Semar. Isi bukunya tentang kuliner dari berbagai wilayah di Indonesia. Komunitas ini juga rutin menggelar kegiatan seputar kuliner.

(dvs/dvs)
FOKUS BERITA Komunitas Kuliner