Sering Makan Ramen Extra Pedas, Wanita Ini Ususnya Alami Luka

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 20 Sep 2018 12:14 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Pencinta pedas wajib berhati-hati. Karena terlalu banyak konsumsi makanan pedas bisa sebabkan luka pada usus. Seperti yang dialami wanita ini.

Seorang wanita asal Malaysia terpaksa memeriksakan dirinya ke rumah sakit lantaran alami sakit tak tertahankan di bagian perutnya. Tim medis harus memasukkan kamera khusus ke dalam ususnya untuk mengetahui secara pasti apa penyakit yang dideritanya.

Hal tersebut dialaminya lantaran kerap mengonsumsi ramen instan ekstra pedas. Kejadian ini diceritakan oleh sang suami, pemilik akun Facebook Otad Al Miko. Otad mengatakan kalau semua berawal dari adanya tantangan ramen instan pedas yang heboh di Malaysia tiga tahun lalu.

Sering Makan Ramen Extra Pedas, Wanita Ini Ususnya Alami LukaFoto: Istimewa

Ia awalnya kagum pada istrinya karena bisa melahap ramen tersebut sampai habis tanpa minum air. Saking cintanya sang istri dengan ramen itu, ia melahapnya hampir tiap minggu.

Namun beberapa waktu setelahnya, sang istri dilarikan ke rumah sakit dan harus mendapat perawatan instensif. "Akhirnya saya harus mengeluarkan uang sebesar 10.000 Ringgit Malaysia (Rp 35 juta) untuk memasukkan kamera khusus ke dalam perutnya agar mengetahui apa penyebab sakit perut tak tertahankan yang ia alami," tulis Otad seperti dilansir World of Buzz (18/9).

Hasilnya, terdapat luka di lapisan usus sang istri. Itu terjadi akibat ia sering melahap ramen ekstra pedas. Walau lukanya terlihat kecil, tapi sangat berbahaya. Terlebih penyembuhan luka pada usus membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sering Makan Ramen Extra Pedas, Wanita Ini Ususnya Alami LukaFoto: thinkstock
Beberapa penelitian juga mengungkap kalau cabe memang bisa meningkatkan sekresi asam. Hal ini justru melemahkan mukosa grastritis. Sehingga menyebabkan luka pada dinding usus.

"Makanan pedas dapat menyebabkan luka pada lapisan mukosa yang sensitif atau pada usus kecil yang biasa disebut duodenum (ulkus duodenum) kata doktor," tulis Otad.

Walau kejadian ini dialami oleh istri Otad tiga tahun lalu, unggahannya viral di Facebook dan menjadi pengingat akan bahaya dari rutin konsumsi ramen ekstra pedas. Terlebih Otad memberitahu tanda-tanda usus yang luka.

"Tanda-tanda luka (usus) dimulai dengan sulitnya sendawa dan perut begah. Lama lama akan terasa sakit seperti tertusuk di bagian ulu hati," tambahnya.

Hingga kini unggahannya sudah dibagikan lebih dari 2 ribu netizen dan disukai oleh ribuan orang. Jadi, pencinta pedas wajib berhati hati. Pasalnya belum tentu usus Anda sama seperti lidah Anda yang tahan dengan rasa pedas.

(dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com