detikfood

Selasa, 20/06/2017 11:01 WIB

Ini Alasan Banyak Orang Ketagihan Lezatnya Mie Instan Korea

Lusiana Mustinda - detikFood
Ini Alasan Banyak Orang Ketagihan Lezatnya Mie Instan Korea Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo
Samyang jadi salah satu mie instan populer asal Korea yang laris dan disukai banyak orang. Tapi, apa yang membuat orang suka mie Korea ini?

Beberapa produk mie instan asal Korea yang dijual di Indonesia disebut-sebut oleh BPOM mengandung fragmen babi. Produknya yakni Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan ottogi (mie instan Yeul Ramen).

Ini Alasan, Banyak Orang Ketagihan Lezatnya Mie Instan KoreaSamyang Korean Kimchi. (Foto: Amazon)
Samyang bukanlah nama merek mie instan, Samyang Foods adalah nama perusahaan yang memproduksi mie instan tersebut. Sedangkan mie Samyang yang populer di Indonesia bernama Buldalk Bokkeummyeon. Sedangkan untuk ke empat jenis mie instan Korea tersebut adalah jenis mie yang jarang dikonsumsi orang Indonesia.

Baca juga: Ini 4 Mie Instan Korea yang Tidak Halal dan Ditarik dari Peredaran.

Menurut detikFinance, Mu Gung Hwa (MGH) Dharmawangsa, supermarket yang menjual produk-produk Korea mengatakan bahwa keempat produk mie instan tersebut tidak ada lagi. Karena mereka hanya menyetok mie tersebut sangat sedikit, sekitar 5 karton dalam 1 bulan. Karena produk tersebut kurang diminati.

Kepopuleran dan penjualan mie instan Korea semakin meningkat saat banyaknya para YouTubers yang melakukan tantangan makan mie Samyang dan mengunggahnya di YouTube.

Ini Alasan, Banyak Orang Ketagihan Lezatnya Mie Instan KoreaSamyang pedas dengan paduan keju. (Foto: detikFood)
Beberapa pecinta Samyang jenis Buldalk Bokkeummyeon mengaku menyukai mie karena rasanya yang pedas gurih. "Kalo Samyang yang Buldalk pedes itu aku suka karena tekstur mienya keriting kenyel. Terus pedesnya enak, pedes tapi bukan pedes cabe rawit jadi gak panas di perut. Terus bumbunya kan agak basah yaa," ungkap Rahma, salah satu pecinta mie Samyang Buldalk kepada detikFood (19/06).

Baca juga: BPOM: Ada Importir Mi Samyang Dicabut Izin Edarnya Januari Lalu.

Lain halnya dengan Rahma, Ana yang merupakan salah satu jurnalis makanan mengatakan bahwa tekstur Samyang yang tidak terlalu lembek semakin enak dinikmati karena rasanya yang pedas dengan paduan bumbu gochujang yang khas. "Aku paling suka kalau udah ditambah dengan irisan nori, rasanya semakin gurih," ungkap Ana.

Selain itu, Aya yang mengaku sebagai penggemar makanan Korea juga menyukai beberapa jenis mie instan Korea. "Teksturnya empuk, mienya besar-besar dan rasnaya pedas. Tapi pedasnya beda sama pedas Indonesia sih. Kaya ada sensasi panasnya," jelas wanita berkacamata ini.

Ini Alasan, Banyak Orang Ketagihan Lezatnya Mie Instan KoreaSamyang Buldalk Bokkeummyeon. (Foto: Samyang yang diimpor PT Korinus)
Untuk mencegah kekhawatiran dalam mengonsumsi Samyang, pastikan ada logo halalnya seperti KMF (Korea Muslim Federation). Ayu Galuh, pemilik JeomsimID mengatakan, "Kalo Samyang Buldalk itu di kalangan seller memang kadang beda pendapat. Tapi aku sih kekeuh kalau yang halal hanya yang berlogo halal."

Ia menyarankan sebaiknya pilih yang berlogo halal. "Tapi jika sudah timbul keragu-raguan dalam hati ya jangan dimakan. Karena kalau kita ragu maka sebaiknya ditinggalkan,"tambah Ayu.

Menanggapi pemberitaan yang sedang ramai membicarakan tentang penarikan produk mie instan asal Korea Selatan samyang, importir dari PT Korinus menegaskan bahwa produk samyang yang di impor oleh perusahaannya adalah produk yang sudah lolos uji BPOM RI yang tidak mengandung Babi.

Baca juga: Importir Samyang PT Korinus Nyatakan Produknya Tak Kandung Babi.
(odi/lus)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan