Disantap oleh Presiden Venezuela, Berapa Harga Beefsteak 'Salt Bae'?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 18 Sep 2018 18:15 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Istanbul - Momen bersantap Presiden Venezuela di restoran Salt Bae memicu amarah. Warganya tak suka sang presiden menghamburkan uang di resto steak mahal ini.

Hari ini (18/9), Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mampir bersantap di restoran Salt Bae di Istanbul. Ia menyempatkan ke sana saat transit di Turki usai melakukan kunjungan kenegaraan ke China.

Kunjungan Maduro mendapat sorotan usai Salt Bae yang bernama asli Nusret Gokce ini mengunggah foto Maduro di Twitter. Nampak Maduro ditemani sang istri, Cilia, menikmati steak buatan chef ikonik tersebut.

Yang istimewa, Salt Bae melayani langsung orang nomor satu di Venezuela ini. Maduro dalam keterangan resminya bahkan mengatakan sempat berbincang dengan Salt Bae.

Disantap oleh Presiden Venezuela, Berapa Harga <i>Beefsteak</i> 'Salt Bae'?Foto: Twitter/@nusr_ett

"Nusret (Salt Bae-red) melayani kami secara pribadi. Kami berbincang sungguh menyenangkan dengannya. ... Dia suka Venezuela, dia memberitahu saya beberapa kali," ucap Maduro seperti dilaporkan Reuters (18/9).

Baca Juga: Presiden Venezuela Makan Steak Mahal Salt Bae di Turki, Rakyatnya Marah

Berita ini rupanya mendapat respons buruk dari warga Venezuela. Karena apa yang dilakukan Maduro seperti bersenang-senang di atas penderitaan rakyatnya yang alami kesulitan finansial akibat krisis.

Terlebih restoran Salt Bae dikenal dengan menu steak berharga selangit. Sebelumnya restoran ini jadi populer usai Nusret Gokce beraksi menabur garam ke daging dengan menekuk salah satu tangannya.

Disantap oleh Presiden Venezuela, Berapa Harga <i>Beefsteak</i> 'Salt Bae'?Foto: Istimewa

Dilihat dari situs TripAdvisor, restoran Nusr-Et di Istanbul menjual pilihan Dallas Steak, Nusret Kobe, New York Steak, Toscana dan Tom House. Masing-masing menu ini dibanderol 150-195 Lira Turki atau sekitar Rp 350.000 hingga Rp 455.000.

Seiring meningkatnya popularitas Salt Bae, Nusret juga punya restoran di Dubai, London, Miami, hingga New York. Sayangnya kepopuleran Salt Bae juga diiringi pemberitaan negatif soal harga steak buatannya yang dianggap terlalu mahal dan rasa steaknya yang hambar.

Ronn Torossian melalui Observer (26/1) menuliskan pengalamannya bersantap di restoran Salt Bae di New York. "Harga steaknya berkisar USD 70 hingga USD 275 atau sekitar Rp 1.039.000 hingga Rp 4.085.000," katanya.

Disantap oleh Presiden Venezuela, Berapa Harga <i>Beefsteak</i> 'Salt Bae'?Foto: Istimewa

Ia melanjutkan, "Tak peduli berapa banyak pelengkap steak, ketika Anda membayar semahal itu, Anda akan mengharapkan rasa yang enak. Teman saya mencatat daging steak keras dengan gumpalan lemak dan tulang rawan, sangat kurang dalam segi rasa."

Sementara itu Steve Cuozzo, dikutip dari Independent (24/1), juga menyoroti harga steak Salt Bae di New York yang terlalu mahal. Menu untuk 3 orang yang ia pesan mencapai USD 521.45 (Rp 7,7 juta) dan masih membuat mereka kelaparan usai melahapnya.

Baca Juga: Di NYC, Gaya Menabur Garam Salt Bae Dikritik Terkait Kebersihan (adr/odi)