Rumah Makan Beri Berbuka Gratis Bagi Warga yang Puasa Sunnah

Chaidir Anwar Tanjung - detikFood Minggu, 16 Sep 2018 17:35 WIB
Foto: dok. detikFood
Pekanbaru - Bofet Radar, rumah makan populer di Pekanbaru beri fasilitas gratis buat pengunjung. Khusus bagi warga muslim yang puasa sunnah bisa makan gratis.

Bofet Radar ini berada di kawasan tengah kota di Jl Sudirman, Pekanbaru. Banyak jenis makanan dan minuman tersaji di sana. Ada menu sarapan, dan makanan untuk sore hingga malam hari. Ada ketupat gulai tunjang khusus sore dan malam hari. Ada martabak masir, ada jus pinang muda. Pokoknya, Bofet Radar yang berada di kawasan pusat kota ini tidak pernah sepi pengunjung.

Baca Juga: Restoran Ini Beri Makan Siang Gratis 1.000 Orang Selama Tiga Tahun!
Rumah Makan Beri Berbuka Gratis Bagi Warga yang Puasa SunnahFoto: Istimewa
Satu hal yang lunik, ternyata pihak pengelola memberikan layanan gratis buat umat muslim yang lagi melaksanakan puasa sunnah di hari Senin dan Kamis. Pihak pengelola memberikan pelayanan gratis bagi yang berbuka puasa sunnah di sana.

"Program berbuka puasa sunnah ini sudah sejak tahun 2016 lalu. Mereka yang berbuka puasa sunna di tempat ini, kami akan gratiskan,," kata Sidi Oyong Dalius (42) dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (16/8/2018).

Lantas bagaimana mengetahui jika pengunjung yang datang lagi puasa sunnah?.
Rumah Makan Beri Berbuka Gratis Bagi Warga yang Puasa SunnahFoto: dok. detikFood
Oyong menyebut, biasanya tamu yang datang dalam kondisi berpuasa, setelah disajikan makanan dan minuman tidak langsung dimakan. Kadang pelayanan bertanya, mengapa hidadangan belum dimakan juga.

"Kalau ada tamu ditanya kenapa belum dimakan, biasa mereka akan jawab lagi puasa. Kalau sudah seperti, maka kasir akan mencatat seluruh makanannya untuk digratiskan," kata Oyong.

Menurut Oyong, awalnya sempat ada pelanggannya yang kaget, lagi puasa sunnah dan berbuka diberikan gratis. Mereka tidak menyangka, jika puasa sunnah itu diberikan rezeki dari pemilik B Radar yang berada di ruko tersebut.

"Ini hanya bentuk sedekah dan memperbanyak saudara. Saya yakin, dengan cara bersedekah ini tidak membuat usaha saya merugikan," kata Oyong kelahiran Pekanbaru itu.
Rumah Makan Beri Berbuka Gratis Bagi Warga yang Puasa SunnahFoto: Istimewa
Di mata Oyong, sedekah yang dia lakukan ini sebagai bentuk terima kasih kepada Sang Pecipta yang telah memberikan rezeki kepadanya. Baginya, semakin banyak orang berpuasa sunnah datang ke usahanya, hal itu membuat hatinya senang.

"Saya selalu berdoa, semoga yang puasa sunnah berbuka di tempat saya. Saya yakin banyak bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin, dan saya yakin itu," kata Oyong.

Baca Juga: Wah, Makan di Restoran Ini Bisa Gratis dengan Kerja Cuci Piring!

(sob/odi)