Waduh! Tak Bisa Bedakan Nangka dan Durian, Martha Stewart Dikritik Netizen

Riska Fitria - detikFood Jumat, 14 Sep 2018 13:38 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Ternyata masih ada orang Barat yang sulit mengenali buah-buahan Asia. Termasuk Martha Stewart. Ia dihujani komentar pedas karena salah bedakan durian dan nangka.

Martha Stewart merupakan chef terkenal di Amerika Serikat. Martha juga dikenal memiliki website yang di dalamnya banyak membagikan info kuliner mulai dari resep, tutorial, hingga tips-tips memasak. Juga segala pernak-pernik seputar rumah. Dari menata rumah hingga kebun.
Waduh! Tak Bisa Bedakan Nangka dan Durian, Martha Stewart Dikritik NetizenFoto: Istimewa
Baru-baru ini Martha mengunggah artikel yang membuat geger netizen. Di dalam artikel tersebut Martha salah menyebutkan durian sebagai nangka. Dilansir dari Asian One (11/09) dalam artikel berjudul 'Here's Exactly How to Use Jackfruit' itu menampilkan gambar durian. Sedangkan dalam artikelnya Martha memaparkan tentang buah nangka.

Penjelasan yang ditulis oleh Martha benar-benar mendiskripsikan buah nangka, mulai dari asal-usul, kegunaan dalam masakan, hingga cara mengolah jadi masakan enak.

Baca juga : Dari Pho Hingga Foie Gras, Ini 5 Makanan yang Sering Salah Sebut


Kekeliruan tersebut sontak menimbulkan perdebatan di situs webnya. Bahkan banyak yang menyarankan untuk lebih banyak belajar lagi supaya kesalahan memalukan ini tidak terulang kembali.
Waduh! Tak Bisa Bedakan Nangka dan Durian, Martha Stewart Dikritik NetizenFoto: Istimewa
Salah satu yang ikut berkomentar ialah Erin Chew yang merupakan seorang penulis lepas. Dengan akun twitter bernama @ThisAsianWomanSays dia mempertanyakan mengapa bisa terjadi hal serupa sedangkan mencari gambar buah nangka sangat banyak di situs pencarian Google.

Secara tampilan, buah durian dan buah nangka memiliki kesamaan. Sama-sama berkulit hijau dengan duri pada kulitnya. Bedanya ukuran durian lebih kecil, dan duri pada kulit durian jauh lebih tajam dibandingkan dengan buah nangka.
Waduh! Tak Bisa Bedakan Nangka dan Durian, Martha Stewart Dikritik NetizenFoto: Istimewa
Daging buahnya pun sangat jauh berbeda. Daging durian berwarna kekuningan dengan tekstur yang creamy, sedangkan nangka lebih keras renyah.

Ini bukan pertama kalinya orang asing keliru saat menyebutkan makanan Asia. April lalu, hal serupa juga pernah dialami oleh chef asal Inggris, Greg Wallace, yang mengritik hidangan rendang yang dimasak oleh peseta masterchef Malaysia sebagai tidak renyah, sehingga peserta tersebut harus tersingkir.

Baca juga : Segar Dingin! Es Cendol Tape, Nangka dan Durian Pilihan Buat Berbuka Netizen



(sob/odi)