Pancake dan Waffle Enak

Waffle Burger hingga Waffle Sushi yang Punya Bentuk dan Rasa Unik

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 07 Sep 2018 17:46 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Waffle tak melulu berbentuk kotak. Ada beberapa kreasi waffle unik yang hits dan cantik. Seperti waffle burger dan sushi. Seperti ini bentuknya!

Selain punya beragam panggangan unik, bentuk waffle bisa jadi menarik dengan memadukannya dengan bahan dari beberapa sajian lain. Sehingga lahirlah waffle donat, waffle burger hingga waffle sushi.

Berikut beberapa kreasi waffle unik yang punya tampilan menggoda dan sempat hits.

1. Waffle Pops

Waffle Burger hingga Waffle Sushi yang Punya Bentuk dan Rasa UnikFoto: Istimewa
Penyajian waffle di atas piring atau sebuah kertas sudah biasa. Tahun lalu hadir waffle dengan penyajian yang unik. Ya, waffle pops!

Wafflenya tersaji dengan stik es krim. Sehingga terlihat seperti 'permen waffle'. Waffle pops hadir dengan beragam topping. Mulai dari lelehan cokelat, cookies hingga biskuit dan karamel. Sehingga tampilannya sangat instagramable.

Baca juga: Dari Bentuk Keyboard hingga Tapak Sepatu, Ini 5 Panggangan Waffle Unik

2. Waffle Donat

Waffle Burger hingga Waffle Sushi yang Punya Bentuk dan Rasa UnikFoto: Foodbeast
Kreasi waffle unik ini hadir dari sebuah gerai waffle wilayah Chicago, Amerika Serikat. The Wonut sengaja membuat waffle dengan bentuk bulat kecil atau pun kotak dengan lubang di tengah, layaknya sebuah donat.

Tak hanya itu, adonan wafflenya pun hadir dalam banyak pilihan. Mulai dari rasa vanilla, red velvet hingga matcha. Kemudian waffle-waffle tersebut ditaburi beragam topping manis. Mulai dari lelehan cokelat, cincangan pistachio hingga meisjes.

3. Waffle Sushi

Waffle Burger hingga Waffle Sushi yang Punya Bentuk dan Rasa UnikFoto: Instagram @dad_beets
Kreasi ini tidak berasal dari Jepang. Karena waffle bentuk sushi ini dibuat oleh akun Instagram @dad_beets asal Amerika Serikat. Ini merupakan perpaduan antara sushi dan waffle.

Pertama, ia membuat sicy tuna sushi roll dengan isian alpukat. Lalu ia meletakkan sushi tadi di atas panggangan waffle dan menuangkan adonan waffle diatasnya. Kemudian memanggan keduanya hingga adonan waffle matang. Setelah itu, jadilah waffle sushi!

Hal ini sempat tren di tahun 2014 dan unggahan waffle sushi milik akun tersebut disukai puluhan ribu orang. Akun @dad_beets sendiri kini sudah memiliki lebih dari 70 ribu followers.

3. Martabak Waffle

Waffle Burger hingga Waffle Sushi yang Punya Bentuk dan Rasa UnikFoto: Instagram princehouse.resto
Salah satu restoran waffle di Jakarta punya menu bernama Martabak Waffle. Namanya diambil karena bentuknya dibuat menyerupai martabak. Isiannya pun tersedia beragam. Sama seperti isian martabak manis dan asin pada umumnya. Mulai dari isi tiramisu hingga cokelat kacang. Sedangkan pilihan rasa gurihnya terdapat rasa smoked beef hingga sunny side up atau telor mata sapi.

4. Waffle Burger

Waffle Burger hingga Waffle Sushi yang Punya Bentuk dan Rasa UnikFoto: Root & Bone
Sesuai namanya, kreasi waffle ini memiliki bentuk seperti burger. Hanya saja tak menggunakan roti burger. Melainkan waffle yang dipanggang dalam cetakan khusus sehingga bentuknya menyerupai roti burger. Isiannya pun sama seperti chicken burger, ayam goreng, keju lembaran, dan sayuran. Kreasi unik ini milik salah satu gerai waffle di New York City, Amerika Serikat.

Baca juga: Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle Lainnya (dwa/odi)