Pancake dan Waffle Enak

Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle Lainnya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 05 Sep 2018 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Meski tampilannya mirip, ternyata waffle Belgia dan waffle biasa berbeda. Waffle Belgia punya tekstur renyah dan ringan. Apa lagi keunikan waffle ini?

Selain pancake, waffle merupakan menu sarapan yang populer di Amerika dan Eropa lainnya. Kini waffle turut menjadi salah satu makanan yang terkenal di dunia. Termasuk waffle Belgiayang ternyata berbeda dengan waffle biasa.

Baca Juga: Dua 'Bersaudara,' Pancake dan Waffle yang Populer di Dunia


1. Berasal dari Brussel

Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle LainnyaFoto: Istimewa
Waffle Belgia pertama kali muncul di Brussels World Fair Expo di tahun 1958, dan belum dikenalkan ke utara Amerika hingga tahun 1962.

Di Belgia sendiri, terdapat dua jenis waffle yang berbeda. Waffle Belgian waffle, dan waffle Liege. Berbeda dengan Belgia, waffle Liege ditaburi dengan gula bubuk, hingga meresap ke permukaan waffle sehingga rasanya lebih manis.


2. Bahan

Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle LainnyaFoto: Istimewa
Jika waffle biasa menggunakan tepung terigu, telur, dan lelehan butter. Berbeda dengan waffle Belgia menggunakan, yeast butter atau butter yang terbuat dari campuran ragi dan mentega.

Yeast butter berguna untuk membuat tekstur waffle lebih ringan, dan ekstra lembut. Beberapa orang Belgia, bahkan lebih dulu mengeluarkan butter semalaman penuh, untuk hasil waffle yang sempurna.


3. Ukuran

Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle LainnyaFoto: Istimewa
Untuk ukuran, waffle Belgia jauh lebih besar dari waffle pada umumnya. Tidak hanya ukurannya saja, tapi ketebalan waffle juga berbeda.

Waffle Belgia menggunakan panggangan dari besi khusus yang lebih lebar dari ukuran cetakan waffle umumnya. Permukaan cetakan waffle lebih cekung ke dalam, yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan sirup dan topping lainnya.


4. Lebih renyah
Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle LainnyaFoto: Istimewa
Karena menggunakan yeast, Belgian waffle jauh lebih renyah kering dari waffle biasa. Meski renyah di luar, tapi bagian dalam waffle tetap sangat lembut.

Rasa waffle juga tidak terlalu berat karena adonannya tipis ringan. Karena yeast dicampurkan dengan putih telur, agar teksturnya lebih ringan.


5. Jajanan kaki lima
Ini Bedanya Waffle Belgia dan Waffle LainnyaFoto: Istimewa
Jika di Amerika dan negara lainnya, waffle umumnya disajikan sebagai menu restoran. Berbeda dengan waffle Belgia. Di negara asalnya, waffle ini merupakan jajanan kaki lima yang dapat ditemui di setiap sudut jalan.

Waffle ini umumnya dijual dengan tambahan topping whipped cream, selai ceokelat, potongan strawberry, hingga pisang. Topping bubuk gula juga tidak kalah populer dengan topping lainnya.

Baca Juga: Agar Tak Membosankan, Sajikan Waffle dengan 8 Cara Kreatif Ini

(sob/odi)