Renyah Gurih Ayam Goreng

Dari Mana Asal Ayam Goreng yang Gurih Renyah?

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 28 Agu 2018 14:53 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Nyaris tak ada yang bisa menolak gurihnya ayam goreng. Renyah gurih di bagian luar dengan empuk juicy di bagian dalam. Siapa yang memperkenalkan ayam goreng ini?

Dari sekian banyak sajian berbahan dasar ayam, ayam goreng jadi primadona. Tak hanya murah dan mudah ditemui, ayam goreng juga punya kelezatan yang khas. Apalagi kalau dibalut tepung dan digoreng garing.

Ayam goreng berbalut tepung yang kini populer dengan nama 'Fried Chicken' ternyata bukanlah berasal dari Amerika. Melainkan dari Afrika. Konon imigran asal Skotlandia yang membawa resep tersebut ke Amerika. Berawal dari warga Eropa yang menetap di Amerika bagian selatan dan sering mengonsumsi olahan ayam ini.

Dari Mana Asal Ayam Goreng yang Gurih Renyah?Foto: Istock
Tak lama setelahnya, banyak warga Afrika dipekerjakan di Amerika sebagai juru masak. Imigran Afrika inilah yang mengadaptasi resep ayam yang dibawa pendatang asal Skotlandia. Mereka menambahkan sentuhan baru yaitu tambahan bumbu dan perasa lain yang tidak ditemukan dalam menu asal benua Eropa.

Baca juga: Pedas Manis Ayam Goreng ala Korea Bisa Dinikmati di 5 Restoran Ini

Resep ayam goreng tepung yang sudah dibumbui imigran Afrikapun akhirnya dikenal luas. Tak heran kalau ada desas desus yang menyebut fried chicken diasosiasikan sebagai menu warga kulit hitam di Amerika.

Selain fried chicken, sajian ayam goreng tradisional berbumbu minimalis juga tak kalah lezat. Umumnya ayam dibaluri bumbu kuning dan diungkep kemudian digoreng. Bumbunya yang gurih membuat ayam goreng cocok dimakan bersama sambal dan lalapan. Apalagi dipadu dengan nasi hangat.

Dari Mana Asal Ayam Goreng yang Gurih Renyah?Foto: Istock
Kini kreasi ayam goreng sudah beragam. Mulai dari bercitarasa gurih manis hingga pedas nonjok. Seperti ayam goreng bacem khas Jogja, ayam serundeng khas Minang hingga ayam tangkap khas Aceh.

Namun dari sekian banyak sajian ayam goreng tradisional, ayam penyet dan kreasi ayam geprek khas Surabaya jadi favorit. Ayam penyet merupakan ayam goreng yang digeprek atau dipenyet alias ditekan hingga pipih di atas sambal.

Sedangkan ayam geprek menawarkan citarasa berbeda. Walau cara penyajiannya sama dengan ayam penyet, ayam geprek memakai ayam goreng tepung. Kemudian dipadu dengan sambal korek yang pedas nonjok.

Dari Mana Asal Ayam Goreng yang Gurih Renyah?Foto: iStock/detikfood
Namun ragam kreasi ayam goreng tak hanya ada di Indonesia dan Amerika. Melainkan diberbagai negara Asia lain seperti Korea Selatan dan Jepang. Ini karena ayam merupakan salah satu unggas yang mudah dikembangbiakan. Dagingnya pun lezat dikonsumsi.

Ragam kreasi ayam goreng dari dua negara itu juga digemari sini. Tentunya dengan cara pengolahan berbeda. Namun tetap memiliki citarasa yang gurih dan juicy.

Bahkan beberapa kreasi justru menjadikan ayam goreng sebagai camilan. Sehingga bentuknya dibuat lebih kecil. Mau dimakan dengan nasi ataupun dijadikan camilan, ayam goreng selalu bisa puaskan selera makan.

Makanan favorit banyak orang ini akan kami ulas secara lengkap. Mulai dari jenis ayam goreng di berbagai negara, cara membuat ayam goreng lezat hingga paduan saus dan bumbu unik ayam goreng Jadi, terus pantau ulasan detikFood kali ini, ya!

Baca juga: Ayam Goreng Terenak di Jakarta Bisa Dinikmati di 5 Tempat Ini



Saksikan juga video 'Cara Memasak Ayam Goreng Legendaris Khas Jogja':

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)