Sajian Istimewa Idul Adha

Daging Kurban Masih Sisa? Simpan dengan Cara Ini Agar Awet

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 23 Agu 2018 12:25 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kalau masih punya stok daging kurban, sebaiknya simpan dengan tepat agar terjaga kualitasnya. Saran dari chef ini bisa jadi panduan.

Jatah pembagian daging kurban biasanya cukup banyak. Jika masih mau mengolahnya nanti, pastikan menyimpannya dengan tepat supaya tetap segar dan berkualitas.

Kepada detikFood (21/8), Chef Ragil Imam Wibowo berujar, "Kalau menyimpan daging kurban, cara terbaiknya dimasukin ke dalam freezer ya. Kalau di freezer bisa tahan lama. Tapi daging harus dibungkus dulu dengan plastik, agar kualitas daging tidak terkontaminasi dengan makanan lain yang ada di kulkas."

Daging Kurban Masih Sisa? Simpan dengan Cara Ini Agar AwetFoto: iStock

Baca Juga: 3 Chef Ini Punya Tips Jitu untuk Mengolah Daging Sapi dan Kambing Agar Empuk

Selain membungkus dengan plastik, Chef Ragil juga merekomendasikan penggunaan wadah kedap udara. "Jadi tidak meninggalkan aroma juga," lanjutnya.

Senada dengan Chef Ragil, Chef Stefu mengatakan daging idealnya disimpan di freezer kalau tidak ingin segera diolah. Namun jika langsung diolah, ia mengatakan suhu ideal penyimpanannya berkisar 3-4 derajat celsius.

"Jadi baiknya setelah daging dibersihkan, dimasukan ke dalam wadah yang tertutup rapat. Lalu bisa taruh diatas bongkahan es, agar daging bisa mencapai suhu 3-4 derajat. Itu cara penyimpanan untuk daging yang akan segera di olah," jelasnya.

Daging Kurban Masih Sisa? Simpan dengan Cara Ini Agar AwetFoto: iStock

Saat ingin menyiapkan daging, Chef Stefu menekankan agar tidak langsung menyiram daging beku dengan air karena bisa merusak rasa dan teksturnya. "Rencanakan beberapa jam sebelumnya, dengan mengeluarkan daging dari freezer ke bagian bawah kulkas, jadi kristal es-nya bisa cair dengan alami," kata chef AMUZ Gourmet Restaurant ini.

Alternatif lainnya adalah mengaliri daging beku dengan air dingin secara perlahan. "Jangan gunakan air panas, karena bisa merusak tekstur daging," pungkas chef ramah ini.

Baca Juga: Tengkleng hingga Rawon, Ini 5 Olahan Daging Kambing dan Sapi yang Nikmat (adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com