Sajian Istimewa Idul Adha

Agar Tidak Bau, Begini Cara Mengolah Jeroan Menurut Para Chef

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Agu 2018 13:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Selain daging, jeroan sapi dan kambing juga enak dimasak. Apalagi jika kita sudah mengetahui, cara dan teknik mengolahnya.

Jika punya jeroan sapi atau kambing l seperti limpa, usus, babat, hati, dan paru memang memiliki aroma yang khas. Sehingga banyak orang enggan mengolahnya.

Chef Stefu Santoso dan Chef Ragil membagikan tips mudah untuk membersihkan serta mengolah jeroan, hingga bersih dan tidak bau lagi.

Baca Juga: Mau Mengolah Jeroan Kambing? Perhatikan Hal Penting Ini!

1. Cuci jeroan hingga bersih

Agar Tidak Bau, Begini Cara Mengolah Jeroan Menurut Para ChefFoto: Istimewa
Ini merupakan langkah awal yang paling penting. Kebanyakan jeroan bau, karena kita tidak mencucinya dengan bersih. Sehingga kotorannya masih menempel, ketika jeroan diolah menjadi masakan.

"Cara mencuci jeroan ini, cukup dicuci dengan air yang terus mengalir. Agar semua kotoran mengalir dengan air, hingga ke bagian dalam jeroan. Pastikan jeroan benar-benar bersih, sebelum diolah ke dalam masakan," jelas Chef Ragil ketika dihubungi detikFood (21/08).

2. Rebus jeroan

Agar Tidak Bau, Begini Cara Mengolah Jeroan Menurut Para ChefFoto: Istimewa
Meski sudah dicuci bersih, ternyata ada tahap berikutnya yang tak kalah penting ketika mengolah jeroan. Chef Stefu menyarankan untuk direbus hingga 2-3 kali, dengan air rebusan yang terus diganti.

"Kalau saya biasanya setelah dicuci bersih, semua jeroan saya masukan ke dalam air. Lalu saya tambahkan potongan jahe, daun salam, dan lengkuas ke dalam sana untuk menghilangkan bau prengus dari jeroan. Ketika sudah tampak buih putih di atas permukaan air, buihnya bisa disaring kemudian dibuang, karena itu meruapakan sisa kotoran dari jeroan," ungkap Chef Stefu.

Chef Stefu juga menyarankan untuk merebus jeroan 2-3 kali, hingga buih-buih kotorannya sudah bersih.

3. Jangan masukan ketika mendidih

Agar Tidak Bau, Begini Cara Mengolah Jeroan Menurut Para ChefFoto: Istimewa
Hindari memasukan jeroan ke dalam air mendidih. Air mendidih justru akan menghancurkan rasa dari daging jeroan ini, dan membuat daging menjadi alot. Cukup masukan jeroan ke air dingin, diamkan dengan api besar hingga 10 menit. Baru setelah mendidih, angkat jeroan dan diamkan beberapa saat sebelum diolah menjadi masakan.

4. Jahe dan garam

Agar Tidak Bau, Begini Cara Mengolah Jeroan Menurut Para ChefFoto: Istimewa
Menurut Chef Stefu, jahe dan garam merupakan bahan dasar yang dibutuhkan ketika mengolah daging. Termasuk daging jeroan. Ia selalu menambah potongan jahe ketika merebus daging, lengkap dengan taburan garam untuk memberikan rasa.

"Agar aroma amis daging hilang, saya selalu masukan potongan jahe ke dalam rebusan daging. Sekaligus dengan taburan garam, karena garam dapat memberikan rasa ke daging. Jika tidak ditaburi garam, biasanya rasa daging akan hambar dan tidak ada rasanya," ungkap Chef Stefu.

Selain jahe, Chef Stefu terkadang menambahkan lengkuas dan daun salam ke dalam rebusan daging.

5. Jenis olahan

Agar Tidak Bau, Begini Cara Mengolah Jeroan Menurut Para ChefFoto: Istimewa
Menurut Chef Stefu dan Chef Ragil, jeroan bisa diolah menjadi hidangan apa saja sesuai selera kita. Jika bingung mau mengolah jeroan jadi hidangan apa, jeroan seperti babat cocok diolah dengan sambal cabai hijau. Atau jika suka dengan yang pedas, jeroan seperti babat dan paru bisa dibuat jadi hidangan penyet.

Babat dan paru yang sudah direbus, bisa digoreng hingga renyah dan gurih kemudian dibalurkan dengan sambal pedas nendang. Yuk, lihat resep lengkapnya di sini.

Baca Juga: Sebelum Makan Jeroan Sapi atau Kambing Cek Dulu Nutrisinya (dwa/dwa)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com