Terbaik dari Indonesia

Ini Dia 4 Ikan Air Tawar yang Cuma Ada di Indonesia

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 20 Agu 2018 18:48 WIB
Foto: Odilia WS Foto: Odilia WS
Jakarta - Ini dia 4 jenis ikan air tawar yang lezat dan hanya ada di perairan Indonesia. Penasaran apa saja dan seperti apa bentuk keempat ikan tersebut?

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil ikan terbanyak di dunia. Tak hanya punya banyak jenis ikan air laut, Indonesia juga punya beragam ikan air tawar yang lezat. Beberapa di antaranya bahkan hanya ada di Indonesia. Seperti 4 jenis ikan air tawar ini.

1. Ikan Pora-pora

Ini Dia 4 Ikan Air Tawar yang Cuma Ada di IndonesiaFoto: detikTravel
Ikan pora-pora merupakan ikan air tawar yang ada di Danau Toba. Ikan mungil ini bersisik sedikit hijau kehitaman dengan semburat kuning di ekornya. Mirip dengan ikan bilih asal Minangkabau tetapi sedikit lebih besar.

Konon benih ikan pora-pora pertama kali disebar di Danau Toba pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat itu, Menteri Kelautan dan Perikanan melepas satu juta bibit ikan pora-pora di danau Toba di tahun 2003. Umumnya ikan ini digoreng hingga kering. Tapi di Danau Toba sendiri, tersedia ikan pora pora segar maupun yang sudah dikeringkan.

2. Ikan Salais

Ini Dia 4 Ikan Air Tawar yang Cuma Ada di IndonesiaFoto: difatlia
Ikan salais merupakan ikan air tawar yang hidup di perairan Pekanbaru. Tak heran kalau ikan selais dijadikan ikon kebanggan Provinsi Riau. Hal ini terlihat lewat tugu berbentuk ikan selais yang diletakkan di depan Kantor Walikota Pekanbaru. Tugu di Jalan Jenderal Sudirman itu diberi nama Tugu Ikan Selais Tiga Sepadan.

Ikan salais punya bentuk yang unik dan khas. Ikan pipih memanjang ini punya kepala yang meneyrupai kerucut dan dua buah kumis panjang di dekat mulutnya. Umumnya ikan salais dijadikan bahan dasar olahan pindang dan gulai. Namun ikan salais sebelumnya diasap lebih dulu.

3. Ikan Bilih

Ini Dia 4 Ikan Air Tawar yang Cuma Ada di IndonesiaFoto: Odilia WS
Penggemar sajian khas Minang pasti sudah tak asing lagi dengan ikan air tawar yang satu ini. Ikan bilih merupakan ikan yang hidup di Danau Singkarak, Sumatera Barat. Ikan ini berukuran kecil dan besisik mengkilap berwarna keperakan. Sepintas terlihat seperti ikan mas.

Ikan bilih sendiri masuk dalam anggota keluarga cyprinidae. Bilis atau bako jadi sebutan lain ikan air tawar ini. Umumnya ikan bilih disajikan dengan cara digoreng kering dan dibalado.

Baca juga:Ini Dia 5 Jenis Ikan yang Sering Dijadikan Lauk Kering Enak

4. Ikan Nike

Ini Dia 4 Ikan Air Tawar yang Cuma Ada di IndonesiaFoto: gudangikanroa
Ikan ini sangat populer di Kota Luwuk, Sulawesi Tengah. Ikan air tawar ini hidup di Danau Tondano. Bentuknya kecil mirip dengan ikan teri. Karenanya ikan nike umum diolah menjadi perkedel atau pun digoreng kering.

Namun ikan nike tak mudah ditemui dan masuk dalam ikan musiman. Ada sebuah fakta unik mengenai ikan ini. Ikan nike berenang melawan arus dari arah laut untuk menuju ke arah hulu sungai.

Baca juga: Ini 4 Langkah Bikin Ikan Goreng Garing dan Renyah (dwa/odi)