Sajian Istimewa Idul Adha

Sajian Daging Kambing dan Sapi yang Enak untuk Hari Raya Kurban

Sonia Basoni - detikFood Senin, 20 Agu 2018 16:50 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Hari raya Idul Adha segera tiba. Hidangan istimewa berbahan daging kambing dan sapi membuat acara perayaan bersama keluarga semakin dekat.

Setiap tahunnya seluruh umat Muslim di dunia merayakan Idul Adha, hari raya Islam yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Tradisi penyembelihan hewan Qurban, menjadi satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari Idul Adha.

Baca Juga: Sajian Tradisional dan Mancanegara yang Populer Berbahan Kambing
Sajian Daging Kambing dan Sapi yang Enak untuk Hari Raya KurbanFoto: iStock
Kurban dijadikan sebagai momen berbagai untuk sesama. Hasil daging kurban akan dibagikan ke orang-orang yang lebih membutuhkan. Selain itu perayaan ini juga menjadi ajang untuk berkumpul bersama, dengan keluarga dan kerabat terdekat.

Di Indonesia sendiri, hari raya Idul Adha identik dengan sajian daging kambing dan sapi. Banyak keluarga yang berkumpul bersama untuk menyantap hidangan olahan daging.

Tidak hanya makan bersama, banyak keluarga yang memilih mengolah daging bersama-sama. Ajang membuat dan membakar sate menjadi tradisi yang ada sejak dulu setiap perayaan Idul Adha.
Sajian Daging Kambing dan Sapi yang Enak untuk Hari Raya KurbanFoto: iStock
Di ulasan kali ini detikFood akan membahas serba-serbi tentang olahan khas Idul Adha. Salah satunya seperti cara menyimpan daging, agar daging tetap awet dan kualitasnya terjaga.

Cara mengolah daging juga tidak sembarangan, jika salah mengolah, daging bisa alot atau hancur. Termasuk dalam pengolahan jeroan kambing dan sapi. Ada juga beberapa bumbu dan rempah, agar daging kambing tidak mengeluarkan bau prengus.

Beralih dari cara pengolahan, ulasan kali ini juga akan membahas tentang tips dan trik mengolah, daging menjadi beragam makanan spesial. Tidak selalu harus sate atau gulai, olahan lainnya seperti tongseng, gorengan kambing, sop, semur, nasi kebuli, hingga sop juga tak kalah lezat.
Sajian Daging Kambing dan Sapi yang Enak untuk Hari Raya KurbanFoto: iStock
Meski olahan daging kambing dan sapi selalu menggoda. Sebaiknya tetap awasi konsumsi daging, agar tak membahayakan kesehatan. Agar kesehatan tetap terjaga selama perayaan Idul Adha, bisa konsumsi beberapa buah sehat seperti apel, alpukat, hingga pepaya, agar kolestrol tetap terjaga.

Lalu bagaimana cara mengolah daging kambing dan sapi dengan tepat? Atau meracik bumbu spesial agar makanan lebih lezat? hingga rekomendasi tempat makan sate dan tongseng yang enak? Semuanya akan diulas detikFood. Simak terus ulasan seputar hidangan Idul Adha di sini!

Baca Juga: Gule Kambing yang Gurih Sedap Favorit Sajian Idul Adha

(sob/adr)