Terbaik dari Indonesia

Apa Benar Rempah-rempah Punya Khasiat Bangkitkan Gairah Seks?

Devi Setya - detikFood Minggu, 19 Agu 2018 14:30 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Terbaik dari Indonesia
Jakarta - Tiram dan cokelat sejak dulu dikenal sebagai makanan afrodisiak. Demikian juga dengan beberapa rempah Indonesia. Apa saja rempah tersebut?

Ditemui baru-baru ini, Kumoratih Kushardjanto selaku Ketua Negeri Rempah Foundation membeberakan rahasia rempah afrodisiak. "Begini, jadi rempah itu sesuatu yang ajaib, misterius, bahkan disebutkan juga bisa membawa kenikmatan," kata Ratih membuka perbincangan dengan detikFood.

Baca juga : Rempah Nusantara Diburu Banyak Bangsa Sejak Berabad Silam

Apa Benar Rempah-rem[ah Punya Khasiat Bangkitkan Gairah Seks?Foto: Istock
Lebih lanjut, wanita berkacamata ini mengatakan rempah memang sesuatu yang unik dan menarik, apalagi jika dikulik lebih dalam. Perihal rempah yang jadi makanan afrodisiak, Ratih mengatakan ini jadi hal yang bisa dikaji lebih lanjut untuk membuktikan kebenarannya.

"Menurut saya ada. Dari beberapa diskusi yang kami lakukan dengan pakar botani terus kemudian antropologi juga, memang ada rempah yang memiliki zat aktif yang meningkatkan gairah," tegas Ratih.

Selain zat aktif yang terkandung alami dalam rempah, ternyata kekuatan sugesti dari orang juga membuat rempah ini seolah makin memiliki khasiat. "Ketika diteliti, yang dominan justru adalah sugesti yang menciptakan fantasi lantas kemudian meningkatkan gairah. Jadi memang oke, ada sih, tapi pengaruhnya ya nggak gitu-gitu amat," ungkap Ratih.

Apa Benar Rempah-rem[ah Punya Khasiat Bangkitkan Gairah Seks?Foto: dokdetikFood
Baca juga : Apa Benar Makanan Afrodisiak Bisa Tingkatkan Gairah Seksual?

Sugesti atau kepercayaan inilah yang seolah diwariskan secara turun-temurun dan diyakini oleh banyak orang. Beberapa jenis rempah yang disinyalir memiliki sifat afrodisiak antara lain ada cengkeh, kayu manis dan biji pala.

"Yang sering disebut itu cengkeh, kayu manis, pala. Jadi macam-macam. Dan Saya pikir itu campuran ya, nggak ada satu rempah tunggal yang memiliki efek segitu besarnya," pungkas Ratih.



Tonton juga video: 'Kenali Perjalanan Rempah Indonesia dari Masa ke Masa'

[Gambas:Video 20detik]

(dwa/odi)
FOKUS BERITA Terbaik dari Indonesia