Rekomendasi Makan Siang

Pedas Gurih Enak Mangut Ikan Manyung Ada di 5 Tempat Ini

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 15 Agu 2018 12:18 WIB
Foto: dokdetikFood Foto: dokdetikFood
Jakarta - Daripada ngiler karena lihat Menteri Susi Pujiastuti makan mangut ikan manyung dari Ganjar Pranowo, mending beli sendiri sajian khas pantura itu di 5 tempat ini.

Salah satu sajian khas wilayah pantura seperti Pati, Jepara hingga Semarang ini tengah diperbincangkan banyak orang. Sajian itu punya rasa yang pedas gurih. Terbuat dari kuah santan yang dimasak lama dengan kepala ikan manyung yang diasap hingga bumbunya meresap. Ya, mangut ikan manyung!

Tak perlu jauh jauh ke wilayah pantura jika ingin merasakan sajian ini. Cukup datang saja ke 5 tempat ini!

1. Soto Kudus Kauman

Pedas Gurih Enak Mangut Ikan Manyung Ada di 5 Tempat IniFoto: Detikfood
Kedai soto ini tak hanya menyajikan soto Kudus enak, tapi juga menu Mangut Juwana khas Pati. Hidangan tersebut terbuat dari ikan manyung yang didatangkan langsung dari Pati, lho.

Menu andalannya mangut kepala ikan manyung. Kepala ikan manyungnya diberi kuah kekuningan dan irisan cabe rawit. Aromanya sangat khas dan gurih menggoda.

Kuah mangut milik Soto Kudus Kauman punya rasa yang gurih pedas dengan paduan santan encer, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan berbagai rempah lainnya. Rasanya dijamin mantap!

Soto Kudus Kauman
Spesial Pedes Kauman
Jl. Merawan No. 10
(seberang Waroeng Ndiwek)
Cinere, Depok
Telp: 021-7536061

Baca juga: Spesial Pedes Kauman: Sedapnya Mangut Ikan Manyung Pedas Ngoceh!

2. Dapur Cikajang

Pedas Gurih Enak Mangut Ikan Manyung Ada di 5 Tempat Ini
Foto: Dapur Cikajang
Restoran ini memang menyajikan banyak sajian khas Pati dan sekitarnya. Mulai dari garang asam ayam kampung khas Pati, mangut ikan asap hingga nasi pecel dan soto Kudus.

Andalannya mangut kepala kakap asap. Menu berkuah kuning ini bahkan masuk dalam daftar Menu Legenda di sini. Tak heran kalau banyak warga Pati, Kudus hingga Rembang yang mengunjungi Dapur Cikajang. Satu porsi mangut kepala ikan manyung asap dibanderol sebesar Rp 89.000.

Dapur Cikajang
Jl. Cikajang No. 55
Senopati, Jakarta
Telp: 021 7260659

3. Kedai Mangut Ikan Manyung Asap

Pedas Gurih Enak Mangut Ikan Manyung Ada di 5 Tempat IniFoto: Destinasi Indonesia
Walau tempatnya kecil, warung makan ini terkenal di wilayah Petogokan. Sesuai namanya, menu andalan di sini ialah mangut ikan manyung asap.

Tersedia juga ayam garang asam, ikan manyung asap sambal penyet, soto tauco Tegal hingga pepes tahu. Karena tempatnya yang tak terlalu besar, banyak orang yang lebih memilih untuk memesan semua menu yang ada lewat layanan pesan antar di salah satu aplikasi ojek online.

Kedai Mangut Ikan Manyung Asap
Jalan Haji Kasan No.36, RT.10/RW.2
Petukangan Utara, Jakarta Selatan
Telp: (021) 58900649

4. Warung Mangut "Konco Lawas"

Pedas Gurih Enak Mangut Ikan Manyung Ada di 5 Tempat IniFoto: Arini Febrianita
Di wilayah Jati Asih, Bekasi ada warung yang sediakan mangut ikan manyung enak. Di sini, sajian berkuah kuning yang terbuat dari kepala ikan Manyung itu tersaji dalam kuali besi kecil. Sehingga tampilannya terlihat sangat unik.

Ada dua pilihan menu mangut ikan manyung, Mangut Ndas Manyung dan Mangut Iwak Manyung. Mangut Ndas Manyung berisi kepala ikan manyung yang sudah melalui proses pengasapan. Sedangkan Mangut Iwak Manyung berisi daging ikan manyung asap. Keduanya sama sama disajikan lengkap dengan potongan tahu dan tempe.

Warung Mangut "Konco Lawas"
Jl. Wibawa Mukti II No.18
Jatiasih, Bekasi
Telp:0813-8992-2975

5. Warung Mangut

Pedas Gurih Enak Mangut Ikan Manyung Ada di 5 Tempat IniFoto: Warung Mangut
Warung pinggir jalan di bilangan Pasar Rebo, Jakarta Timur ini selalu ramai pembeli. Ini karena warung tersebut tak hanya menyajikan pecel ayam dan lele goreng, tapi juga sajian pedas seperti mangut ikan manyung.

Kuah santan mangut yang berwarna kuning terlihat sangat kental. Lengkap dengan cabe rawit merah di bagian atas kepala ikan manyung. Konon harganya ramah dikantong.

Warung Mangut
Pasar Rebo RT 9/RW 2
Jakarta Timur
Telp: 0813-1001-1314

Baca juga: Takut Ditenggelamkan Menteri Susi, Ganjar Pranowo Kirim Mangut Ikan Manyung


Tonton juga video: 'Baru! Croissant Geprek yang Renyah, Gurih dan Pedas'

(dwa/odi)