Takut Ditenggelamkan Menteri Susi, Ganjar Pranowo Kirim Mangut Ikan Manyung

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 14 Agu 2018 13:00 WIB
Foto: Iin Yumiyanti/detikcom Foto: Iin Yumiyanti/detikcom
Jakarta - Ganjar Pranowo dan Susi Pudjiastuti punya cara unik untuk tunjukkan persahabatan mereka. Salah satunya dengan mengirimkan mangut ikan manyung dari Semarang.

Di tengah kisruhnya dunia politik. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti membagikan cuitan menarik di Twitter yang menghibur banyak orang.

Baca Juga: Mengintip Gaya Nyentrik Susi Pudjiastuti Saat Ngopi di Tengah Laut!
Foto: Destinasi Indonesia
Bukan membicarakan politik, Ganjar dan Susi justru sibuk membahas tentang mangut ikan manyung khas Semarang. Hidangan ikan yang satu ini berasal dari Jawa Tengah, disajikan dengan kuah santan kental yang pedas. Menggunakan ikan manyung, atau ikan sembilang yang sering diolah sebagai ikan asin.

"Pernah makan ikan manyung atau ikan sembilang dimasak mangut? Inilah salah satu yg terenak di Semarang. Bu @susipudjiastuti mereka semua saya ancam: saya tenggelamkan kalau tdk makan ikan! Pedesnya bikin kangen... kamu pernah?" tanya Ganjar melalui akun Twitternya @ganjarpranowo (11/08), lengkap dengan video dirinya tengah makan siang dengan mangut manyung.

Ternyata Ganjar tengah makan siang di Warung Makan Bu Anna. Di video tersebut terlihat Menteri Luar Negri Retnor Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, wali kota Semarang Hendrar Prihadi, anggota DPR dan staf Kemenhub lainnya.

"Makannya siang, di bawah seng yang panas. Pedesnya minta ampun, minumnya teh panas, jadi lengkaplah sudah," tutur Ganjar sambil memperkenalkan siapa saja yang ia bawa untuk makan siang bersama. Selain memesan mangut ikan manyung, Ganjar juga memesan udang, gorengan, sayuran tumis, hingga kepiting untuk menjamu para petinggi negara tersebut.
Foto: Istimewa
Warung makan sederhana yang terletak di wilayah Maerokoco ini, terkenal menyajikan hidangan mangut kepala ikan manyung yang paling enak dan terkenal di Semarang. Sejak dulu warung makan legendaris ini memang sudah menjadi langganan para pejabat negara, wisatawan, hingga pencinta kuliner di Indonesia.

Bumbu mangut yang komplet bikin rasanya pedas gurih yang selalu bikin kangen. Karena dimasak lama dengan kepala ikan manyung yang diasap bumbunya meresap hingga ke dalam daging dan tulang ikan. Pastinya aroma smoky dan rasa pedas gurih ini yang bikin Menteri Susi ngiler!

Tidak butuh waktu lama, Susi segera membalas cuitan Ganjar dengan sedikit iri. "Tapi tidak pernah kirim satu kalipun ke Jakarta. Bicara saja bikin ngilerrr," balas menteri berusia 53 tahun itu.

Interaksi itu langsung mendapatkan respon yang beragam dari netizen. Bahkan Susi menyempatkan waktu untuk membalas beberapa komentar dari netizen, yang menyarankan agar Ganjar mengirimkan ikan manyung mangut menggunakan pesawat ke Jakarta.
Foto: Istimewa
Meski terkesan bercanda, rupanya Ganjar benar-benar mengirimkan mangut kepala ikan manyung langsung dari Semarang untuk Menteri Susi. Saking senangnya, Menteri Susi langsung mengabadikan kiriman mangut ikan kesukaannya itu ke Twitter (13/08).

"Terima kasih Pak Ganjar Top, kiriman sop ikan manyung sudah di Wichan, betul2 dikirim. Haha Pak Ganjar takut ditenggelamkankah? Ancaman penenggelaman selalu berhasil!" tulis Susi yang tidak bisa menyembunyikan kebahagiannya.
Sup Ikan manyung kiriman Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
"Entahlah. Rasanya bangga bener punya pejabat negara kayak pak @ganjarpranowo dan bu @susipudjiastuti ini. Seperti tak berjarak sama rakyat. Semoga sehat selalu pak bu. Dan menanamkan prestasi demi prestasi buat Bangsa ini." respon seorang netizen yang disetujui oleh netizen lainnya.

Ganjar dan Susi memang memiliki hubungan persahabatan yang baik. Pada tahun 2017 lalu dua petinggi negara ini sempat mengisi layar kaca sebagai presenter televisi yang cerdas dan menghibur.

Baca Juga: Aksi Ganjar Pranowo Saat Berburu Tengkleng hingga Ngulek Sambel



Tonton juga video: 'Pesan Menteri Susi di CFD, Jaga Laut dan Harus Makan Ikan'

(sob/odi)