Di Malam Hari Semua Orang di Dunia Ternyata Pesan Makanan Pada Waktu Sama

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 31 Jul 2018 12:52 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menurut sebuah penelitian di Skotlandia, ternyata hampir semua orang di dunia merasa lapar dan memesan makanan di malam hari. Terutama pada waktu tertentu.

Jika sering merasa lapar di malam hari, ternyata Anda bukan satu-satunya yang merasa demikian. Menurut sebuah penelitian dari University of Aberdeen di Skotlandia, banyak orang di berbagai negara berbeda yang memesan makanan pada jam 7 malam dan jam 2 pagi.

Baca Juga: 6 Hal Sepele Ini Ternyata Pengaruhi Anda Saat Pesan Makanan di Restoran
Di Malam Hari Semua Orang di Dunia TernyataPesan Makanan Pada Waktu SamaFoto: iStock
Penelitian ini mengamati entri pencarian di situs Google Search yang berada di dunia selama satu minggu, kemudian mencari persamaannya.

Para peneliti menemukan, bahwa pada jam 7 malam dan jam 2 pagi merupakan waktu yang paling umum untuk memesan makanan. Seperti memesan pizza atau makanan China, di Amerika, Inggris, Kanada, Australia, dan India.

Hasil penelitian ini kemudian diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science, yang juga memiliki teori bahwa perilaku makanan ini sudah berasal turun temurun.
Di Malam Hari Semua Orang di Dunia TernyataPesan Makanan Pada Waktu SamaFoto: iStock
Dalam metode modern foraging, atau metode mencari makanan. Para peneliti percaya bahwa waktu makan ini dipengaruhi oleh ritme biologis yang tercipta secara alami.

"Melalui penelitian ini kami menemukan bahwa pencarian informasi yang berhubungan dengan makanan lewat internet, dapat menggambarkan motivasi makan seseorang," jelas penelitian tersebut.

Para peneliti mencatat bahwa pola makan tersebut tampaknya tidak terpengaruhi oleh perbedaan budaya, atau hal yang berhubungan dengan kepercayaan agama maupun hari libur.

Sebaliknya, ada dua waktu yang paling banyak menarik orang di seluruh dunia untuk memesan makanan dalam satu hari. Fakta ini menunjukkan, bahwa hal ini berhubungan siklus alami tubuh dan hubungannya dengan ritme sirkadian, yaitu proses biologis yang berulang selama 24 jam.
Di Malam Hari Semua Orang di Dunia TernyataPesan Makanan Pada Waktu SamaFoto: iStock
Menurut penelitian ini, ada kemungkinan dua waktu pemesanan ini terbagi ke dalam dua populasi manusia. Ada kelompok yang lebih suka memesan makanan pada pukul 7 malam, dan ada kelompok lainnya yang lebih memilih memesan makanan pada jam 2 pagi.

Studi ini juga mengingatkan bahaya mengonsumsi makanan pada jam 2 pagi, karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan kenaikan berat badan.

Baca Juga: Ini 11 Hal Konyol yang Sering Dilakukan Orang Saat Pesan Makanan (sob/odi)