Dim Sum Populer

Enaknya Ngemil 'Fung Zao', Dim Sum Ceker Favorit Orang Indonesia

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 24 Jul 2018 15:00 WIB
Foto: iStock
FOKUS BERITA Dim Sum Populer
Jakarta - Selain Shumai, Har Gow dan Dumpling, ada juga Fung Zao yang gurih pedas enak. Olahan ceker ayam ini jadi favorti masyarakat Indonesia.

Meskipun berasal dari Canton, China bagian Selatan, dim sum selalu memiliki banyak penggemar. Tidak hanya dibentuk bulat atau berbentuk unik dengan paduan tepung dan isian ayam serta seafood, ada juga dim sum bernama Fung Zao yang dibuat dari ceker ayam.

Enaknya Ngemil 'Fung Zao', Dim Sum Ceker Favorit Orang IndonesiaFoto: iStock

Fung zao atau ceker ayam dikenal juga dengan sebutan pheonix claws dan ini menjadi salah satu bagian organ tubuh ayam yang digemari di Indonesia.

Baca juga: Dari Canton Disajikan di Resto Bintang Lima hingga Penjaja Kaki Lima

Untuk membuat dim sum ceker ini memerlukan proses yang cukup panjang. Pertama, ceker yang sudah dibersihkan dimarinasi dengan kecap asin atau bumbu douchi hingga meresap. Kemudian digoreng hingga kering. Selanjutnya direndam ceker dalam air es selama 1 jam hingga mengembang.

Agar tekstur dagingnya lembut dan tulangnya empuk, banyak orang juga yang memasaknya dalam panci presto. Setelah itu ceker di tumis dengan campuran aneka bumbu oriental seperti jahe, cabai merah, kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak wijen, gula hingga garam.

Dim sum ceker ini ditaruh dalam klakat bambu yang dikukus sehingga tetap hangat saat dimakan. Tekstur luarnya renyah dengan bagian dalam ceker yang lembut gurih. Bumbu yang sedikit pedas gurih membuat ceker ayam makin enak dimakan.

Enaknya Ngemil 'Fung Zao', Dim Sum Ceker Favorit Orang IndonesiaFoto: iStock

Selain rasanya, ceker ayam juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Departemen Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing Nasional, Taiwan ceker ayam mengandung banyak kolagen. Kolagen sendiri bermanfaat bagi peremajaan kulit.

Penelitian di Taiwanese University juga menyebut bahwa ceker ayam bisa jadi sumber kolagen yang baik dan juga mengandung asam hyaluronic dan chondroitin sulfate. Keduanya sangat bermanfaat bagi kulit.

Selain membuat kulit tampak lebih muda dan sehat. Ceker ayam juga tinggi akan kalsium, protein, meningkatkan suplai darah dengan memperkuat pembuluh darah, memperlambat efek radang sendi hingga mengurangi peradangan.

Baca juga: Apa Benar Konsumsi Ceker Ayam Bikin Kulit Awet Muda? In Kata Ahli



Tonton juga video: 'Nikmatnya Bubur Gudeg dan Ceker Pedas dari Solo'

[Gambas:Video 20detik]




(lus/odi)
FOKUS BERITA Dim Sum Populer

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com