Apa Benar Konsumsi Ceker Ayam Bikin Kulit Awet Muda? In Kata Ahli

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 22 Jun 2018 19:02 WIB
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta - Ternyata ceker ayam punya banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya ampuh meremajakan kulit dan meredakan masalah sendi. Ini penjelasannya.

Ada banyak sajian Asia berbahan dasar ceker ayam. Di Indonesia sendiri sate hingga seblak ceker sangat diminati. Bagian tubuh ayam ini punya tekstur yang kenyal. Apalagi kalau dimasak hingga empuk sampai ke tulangnya.

Selain murah dan lezat, ceker ayam mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Departemen Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing Nasional, Taiwan ceker ayam mengandung banyak kolagen. Kolagen sendiri bermanfaat bagi peremajaan kulit.

Apa Benar Konsumsi Ceker Ayam Bikin Kulit Awet Muda? In Kata AhliFoto: iStock
Baca juga: Huaah! Pedas Nendang Jajanan Ceker Pilihan Netizen

Kolagen merupakan protein yang sangat melimpah di dalam tubuh. Jika dihitung, seperempat dari massa protein tubuh adalah kolagen seperti dilansir dari National Library of Medicine.

Selain meremajakan kulit, kolagen juga memperkokoh tulang, ligamen, tendon hingga scaffolding yang bisa menyembuhkan luka pada kulit.

Ceker ayam juga kaya akan asam hyaluronic dan chondroitin sulfate. Keduanya sangat bermanfaat bagi kulit. Asam hyaluronic bisa mempertahankan kelembapan kulit. Sehingga mencegah penuaan kulit lapor Next Shark (16/6).

Apa Benar Konsumsi Ceker Ayam Bikin Kulit Awet Muda? In Kata AhliFoto: iStock
Sedangkan kondroitin merupakan karbohidrat kompleks yang bisa bantu tulang rawan untuk menyerap air. Sehingga bisa mengobati osteoarthritis atau radang sendi dan masalah sendi lainnya.

Fakta lain soal ceker ayam ialah soal kandungan nutrisinya yang hampir sama dengan sirip ikan hiu. Salah satu kandungan dalam sirip ikan hiu adalah kartilago atau tulang rawan. Kartilagio diyakini mampu perbaiki sistem kekebalan tubuh dan mencegah kanker. Sama seperti sirip ikan hiu, ceker ayam juga mengandung kartilago.

Apa Benar Konsumsi Ceker Ayam Bikin Kulit Awet Muda? In Kata AhliFoto: iStock
Kandungan lain yang bisa ditemukan pada sirip ikan hiu maupun ceker ayam adalah glukosamin. Senyawa ini berkhasiat sebagai anti radang alami. Sebuah penelitian di tahun 1995 membuktikan kalau glukosamin bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.

Karena banyaknya manfaat yang ada pada ceker ayam, dokter hewan bernama Harry Robertson melakukan penelitian khusus. Ia mengungkapkan kalau ceker ayam bisa meregenerasi neuron, tulang, otot, dan jaringan. Ia bahkan membuat produk kesehatan berbahan dasar ceker ayam yang diberi nama Revital. Sayangnya produk tersebut ditarik oleh FDA karena terkontaminasi bakteri.

Baca juga: Ceker Ayam Khasiatnya Mirip dengan Sirip Ikan Hiu (dwa/odi)