Mie Nusantara

Kamu Tim Mana, Mi Ayam Siram Kuah atau Kering?

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 15 Jul 2018 18:11 WIB
Foto: Dok.detikFood
Jakarta - Sama halnya dengan bubur, mi ayam juga punya gaya makan lho. Kamu tim yang mana? Mi ayam siram kuah atau kering? Mana yang lebih banyak disukai ya.

Mi ayam jadi salah satu makanan yang enak dengan harga murah. Banyak para karyawan yang berburu mi ayam saat sarapan atau pun makan siang. Ada dua jenis mi ayam yang banyak dijual, mi ayam biasa dan mi ayam yamin. Disajikan dengan pelengkap kuah kaldu, orang-orang pun memiliki gaya makan yang beragam.

Kamu Tim Mana, Mi Ayam Siram Kuah atau Kering?Foto: dokdetikFood
Semangkuk mi ayam diracik dengan menggunakan mi telur, topping ayam berbumbu kecap hingga taburan daun bawang dan semangkuk kecil kuah kaldu. Tapi soal gaya makan, kamu tim yang mana?

Baca juga: Racikan Rasa Lokal Mie Ayam Gerobak

"Sukanya yang dituang. Soalnya kalau yang dituang kuahnya lebih gampang ditelen daripada yang nggak. Terus lebih berasa bumbunya sih," jelas Manda, pegawai swasta.

Kamu Tim Mana, Mi Ayam Siram Kuah atau Kering?Foto: dokdetikFood
Meskipun begitu, ternyata ada banyak juga lho penganut mi ayam makan kering. Salah satunya adalah Clara, ia menyukai mi ayam yang dimakan kering. "Karena pada dasarnya aku nggak suka makan yang ada kuah-kuahnya sih. Kalau makan mi ayam aku bilangnya nggak usah pakai kuah, lebih enak."

Sependapat dengan Clara, Esty juga menyukai yamin kering. "Soalnya kalau kering lebih berasa bumbunya, lebih gurih. Kalau basah tuh, kaya kurang berasa bumbunya."

Kamu Tim Mana, Mi Ayam Siram Kuah atau Kering?Foto: Dok.detikFood
"Aku sukanya mi ayam yang pakai kuahnya setengah. Jadi agak kental gitu nggak kering dan nggak terlalu basah sama dikasih kecap gitu kaya yamin rasanya manis. Soalnya kalau kering itu seret, kalau basah itu nggak enak aja makannya," ungkap Arssy yang gemar makan mi ayam.

Bahkan ada juga yang menyantap mi ayam basah atau kering tergantung mood. Seperti Aji yang selalu meminta kuah dipisah dengan pertama dimakan kering dulu setelah setengah baru dimasukkan kuahnya dan dimakan basah.

"Aku suka setengah basah setengah kering. Supaya bumbunya masih terasa dan teksturnya kenyal." jelas Lintang. Kalau kamu suka gaya yang mana?

Baca juga: 10 Racikan Mie Ayam Bangka dari Netizen Ini Cocok Buat Makan Siang! (dwa/odi)