Mie Nusantara

Paduan Sop dan Mie yang Unik Dalam Mie Thoprak Solo

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 15:52 WIB
Foto: Instagram dhikanov
FOKUS BERITA Mie Nusantara
Jakarta - Rasa unik mie thoprak khas Solo memang selalu bikin kangen. Apa bedanya mie thoprak dengan sajian mie di kota lain? Kenapa namanya mie thoprak?

Selain soto dan bakso, Solo juga punya sajian berkuah yang tak kalah enak. Sajian ini punya beragam isi. Mulai dari suun, mie hingga sosis solo. Namanya juga unik, mirip dengan salah satu sajian lontong berbumbu kacang. Apalagi kalau bukan, mie thoprak atau bakmi kethoprak!

Mie thoprak ini berkuah kaldu bening. Isiannya ada mie, suun, irisan daging sapi, tauge, kol, kacang tanah, sosis solo, cakwe, irisan tahu dan tempe goreng hingga kerupuk gendar. Tak ketinggalan irisan seledri, kacang tanah goreng dan bawang goreng.

Paduan Sop dan Mie yang Unik Dalam Mie Thoprak SoloFoto: Instagram carikulinesolo
Dilengkapi dengan sambal rawit dan cuka. Selain gurih, rasanya bisa jadi pedas asam segar. Sebenarnya hidangan ini mirip dengan soto mie, hanya saja lebih kaya isi. Soto mie biasa hanya berisi mie kuning, suun, risol, kol, dan irisan daging sapi. Karena punya banyak isi, mie thoprak ini punya rasa yang unik.

Baca juga: Ini Dia 10 Tempat Makan Legendaris di Solo (1)

Konon nama bakmi kethoprak atau mie thoprak hadir lantaran zaman dulu banyak penjaja bakmi di sekitar Taman Balekambang. Kala itu pertunjukan kethoprak sangat populer di sana. Sehingga banyak warga yang menikmati semangkuk mie kuah ini sambil menonton pertunjukan kethoprak.

Lama kelamaan, sajian mie ini dinamakan mie thoprak atau bakmi kethoprak. Namun karena kelezatannya, kini penjaja mie thoprak tak hanya ada di Taman Balekambang. Saat ini, ada banyak penjual mie thoprak di tiap sudut kota Solo.

Paduan Sop dan Mie yang Unik Dalam Mie Thoprak SoloFoto: Instagram vennyjulita
Tapi ada dua warung makan yang dikenal dengan kelezatan mie thopraknya. Ada Mie Thoprak Gading Yu Sri yang terletak di Pasar Gading Surakarta, Surakarta. Satu lagi Bakmi Kethoprak Yu Nani yang berlokasi di Jl. Pandu Dewanata, Kartopuran.

Kalau berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mencicip rasa mie kuah yang punya banyak isi ini, ya!

Baca juga: Mengintip Suasana Pasar Gede yang Legendaris di Solo (dwa/odi)
FOKUS BERITA Mie Nusantara