Pastry Vegan Pertama di Dunia Disajikan di London

Devi Setya - detikFood Jumat, 13 Jul 2018 10:41 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semakin hari semakin banyak orang yang tertarik menjalani pola makan vegetarian. Alhasil makin banyak juga kreasi makanan juga pastry enak khusus vegan.


Produk pastry bisa dibilang jadi makanan yang paling susah dibuat dengan bahan nabati. Pasalnya, kue-kue Prancis ini banyak diracik dengan mentega, susu bahkan keju yang semuanya berasal dari sumber hewani.

Tapi di London, seorang pastry chef berhasil melakukan gebrakan dengan membuat pastry berbahan nabati yang khusus dibuat untuk para vegetarian. Dilansir dari Metro (13/7) pastry-pastry vegan ini hadir dengan tampilan yang cantik dan menggoda.
Pastry Vegan Pertama di Dunia Disajikan di LondonFoto: Istimewa
Baca juga : Makanan Vegan Ini Tampil dalam Warna-warni Cantik

Adalah Clarisse Flon, wanita yang juga pastry chef khusus vegan yang akhirnya membuat pastry vegan pertama di London. Flon bekerja di Cafe Forty One yang berlokasi di La Suite West Hotel meluncurkan menu barunya awal pekan ini.

"Kue Inggris dan Amerika tampaknya berkisar pada gula seperti brownies dan cupcakes," kata Clarisse kepada Metro.co.uk.

"Basic pendidikan saya berfokus pada kue Prancis yang banyak memfokuskan kue pada tekstur, penggunaan buah segar dan bahan baku berkualitas. Namun saya sejujurnya bukan penggemar kue dan makanan manis," akunya.

Menurutnya, ia bukan tidak suka makanan manis tapi lebih tergoda dengan makanan gurih, buah-buahan dan kacang-kacangan. Kafenya ini sengaja menghadirkan pastry vegan. Selain itu, ada juga menu sarapan, makan siang hingga afternoon tea. Semuanya spesial buat vegetarian.

Flon membuat 'salmon asap' dan 'krim keju' yang diolahnya dengan mengandalkan rumput laut, wortel dan selada. Lalu ia juga menambahkan jamur shimeji serta tepung bebas gluten untuk membuat teksturnya persis seperti asli.
Pastry Vegan Pertama di Dunia Disajikan di LondonFoto: Istimewa
"Saya sudah menjadi vegan sejak lima tahun lalu tapi ibu saya masih meragukan dan saat saya pulang selalu bertanya apakah saya masih vegan. Saya hanya menjawab, ibu ini karir saya. Ibu bahkan selalu berkata ia membuat daging sapi bourguinon yang enak untuk menggoda."

Flon mendirikan bisnis pertamanya The Sunny Spoon, pada tahun 2015 dan menghabiskan satu tahun bekerja di sebuah hotel mewah di St Barths, sebelum diangkat sebagai Head Chef di La Suite West. Ia berharap semoga kedepannya bisa menjadi hotel yang menyajikan seluruh makanan untuk vegan.

Gadis ini membuat berbagai pastry Prancis mulai millefeuilles, croissant, pie dan lainnya. Meringue lembut ia buat dengan susu kacang dan gula lalu diisi dengan selai buah dan diberi topping fondant kelapa.
Pastry Vegan Pertama di Dunia Disajikan di LondonFoto: Istimewa
Baca juga : 'Steak' Vegan Pertama di Dunia Ini Rasanya Diklaim Persis Daging Asli

Meskipun tidak mudah, Flon selalu belajar dan berusaha menyajikan pastry Prancis yang ramah vegan. "Sangat berbeda dengan kue klasik," kata Clarisse tentang membuat patisserie vegan.

"Saya mencoba mengaplikasikan pelatihan klasik saya untuk membuat makanan vegan dan itu sangat sulit - butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembangkan sebuah resep. Sekarang kami memiliki mentega vegan yang luar biasa, susu gandum, susu beras dan lainnya di toko kue Prancis, sekarang kami memiliki semua bahan makanan nabati," pungkas Flon.

(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
Newsfeed